Perkuat Pelatihan Vokasi Pada Alat Berat di BLK

0
109
STRATEGI BARU: Mennaker Ida Fauziyah didampingi Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba saat memantau pelatihan pengelasan dan kelistrikan di BLK Ternate, Jumat (5/3). (foto: humas pemprov for Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM – Kementrian Teaga Kerja (Kemenaker) terus mendorong penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja ditengah banyaknya industri pertambangan yang hadir di Maluku Utara (Malut).

Salah satu upaya yang dilakukan yakni memperkuat pelatihan vokasi sebagai melalui Balai Latihan Kerja (BLK) di Ternate maupun BLK pengembangan yang sementara di bangun di Desa Ampera, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan (Tikep)

Menteri Tenaga Kerja (Menaker Ida Fauziah mengatakan, seiring dengan masuknya beberapa proyek strategis nasional di Malut dan memenuhi kebutuhan SDM di sektor industri, maka pelatihan vokasi tentu mengikuti kebutuhan industri.

Salah satunya di bidang peralatan berat welder dan otomotif. “Tiga ini yang akan menjadi unggulan di BLK di Ternate baik disini maupun yang akan kita kembangkan di Sofifi,” bebernya.

Pembangunan BLK Pengembangan di Desa Ampera akan dilakukan tahun ini diatas lahan seluas 4,8 hektar. “Tahun ini kami bangun. Kami mulai dari yang paling penting dulu yaitu workshop untuk alat berat. Kemudian kami menyiapkan boarding, karena di Sofifi teman-teman yang akan mengikuti pelatihan membutuhkan tempat boarding,” katanya.

BLK Pengembanga di Sofifi nantinya untuk menyiapkan skil pertambangan, perikanan dan perkebunan. “Sebenarnya arahnya lari kesitu tekologinya di Sofifi seperti itu, BLK ke khusussan di Sofifi berbeda dengan BLK di Ternate yang skalanya kecil ” tambah Kadis Nakertrans Malut Ridwan Hasan.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here