Jaringan Internet Ditingkatkan Saat Natal dan Tahun Baru 2020

0
222
ILUSTRSI persiapan peningkatan kualitas jaringan telekomunikasi jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. (foto: okeinfo.net)

HARIANHALMAHERA.COM–SELURUH operator jaringan telekomunikasi terus memantapkan kesiapan dalam peningkatan layanan dan kualitas jaringan saat Hari Raya Natal dan perayaan Tahun Baru 2020. Demikian rilis Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) melalui, merilis kesiapan infrastruktur jaringan para operator telekomunikasi untuk meningkatkan layanan dan kualitas jaringan saat Hari Raya Natal dan perayaan Tahun Baru 2020.

Melalui siaran pers Kemenkominfo yang dikutip CNNIndonesia.com pada Selasa (17/12), masing-masing perusahaan operator telekomunikasi mencoba untuk meningkatkan layanan demi kepuasan konsumen. Berikut operator selular yang siap menyambut perayaan natal dan tahun baru.

Telkomsel akan mengoptimalisasikan seluruh jaringan di 533 titik dan menyediakan 82 mobile BTS di titik dengan trafik komunikasi terpadat. Telkomsel juga menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga seluruh Indonesia.

Sementara XL Axiata mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengerahkan 30 mobile BTS, melakukan pengecekan jaringan atau pengukuran QoS (quality of service) di 300 titik pusat keramaian seperti bandara, tempat wisata, pelabuhan, terminal bus dan lainnya.

Selain itu, XL Axiata mengerahkan sejumlah tim di tiga jalur kereta yaitu Jakarta-Surabaya jalur utara, Surabaya-Jakarta jalur selatan, kereta Bandara Kualanamu. Lalu, tujuh jalur tol juga dilakukan pengecekan yaitu Jakarta-Bogor, Jakarta-Surabaya, Surabaya-Malang, Jakarta-Merak, Bakauheni-Palembang, Medan-KNIA, dan Medan-Tebing.

Demikian juga Indosat menambah 4 mobile BTS di beberapa lokasi tempat wisata, guna meningkatkan kapasitas layanan data, voice, dan SMS. Perusahaan juga melakukan network monitoring secara intensif melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal, stasiun, dan tak lupa di tempat wisata.

Tri Indonesia menambah 3.490 BTS yang terdiri dari 3.410 BTS 4G LTE dan 80 BTS 3G. Perusahaan juga melakukan ekspansi kapasitas di 3.660 BTS 4G untuk spektrum 2.100 MHz.

Setidaknya ada 160 titik keramaian yang bakal dioptimalkan, dengan menambahkan 15 mobile BTS di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Jawa seperti bandara, stasiun kereta api, terminal bus, pelabuhan dan tempat wisata.

Smartfren mengalokasikan 29 mobile BTS. Perusahaan kemudian melakukan intensive care & monitoring seluruh sistem pada H-14 dan H+14 melalui NOC (network operations center) di Jakarta dan Surabaya.

Tak hanya operator yang bersiap, Kemenkominfo pun bakal melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi seperti kawasan Monas yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan tempat keramaian lainnya.(cnn/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here