Pemkot Ternate Tetap Anggarkan Biaya Embarkasi di APBD

0
79
Ratusan jemaah mengelilingi Kabah di Masjid al-Haram, dengan tetap menjaga jarak untuk melindungi diri mereka dari virus corona jelang ziarah haji di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020. (AP Photo/Kompas)

HARIANHALMAHERA.COM–Pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) ke tanah suci memang belum ada kepastian. Namun begitu, Pemkot Ternate tetap menyiapkan langkah atsipasi dengan tetap mengalokasikan anggaran pemberangkatan 269 JCH asal Ternate di APBD 2021.

Kabag Kesra Setda Ternate Mudjais Walanda menyebutkan, alokasi dana haji sebesar Rp 1,7 miliar itu meliputi biaya embarkasi, persiapan pelepasan, penjemputan CJH, hingga pemeriksaan kesehatan.

Selain haji, Pemkot tahun ini juga mengalokasian anggaran sebesar Rp 1,2 milliar untuk ibadah umroh kepada 30 orang.”Anggaranya sudah sisiapkan.Tinggal menunggu kepastian keberangkatanya saja kapan. Yang pasti tidak ada pemangksan,” terang Mudjais Walanda.

Ditempat terpisah, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenang) Ternate, Amir Tomagola mengatakan ada tiga alternatif penanganan JCH Kota Ternate di 2021

“Pertama ketika pendemi selesai maka CJH diberangkat semua ke tanah suci, yang kedua jika kondisi masi seperti ini atau seperti 2020 maka akan dibatalkan pemberangkatan dan yang ketiga jika pendemi ini berkurang akan diberangkatkan sebagian CJH,” jelasnya.

Saat ini seluruh Kemenag se Malut diperintahkan mengumpulkan bukti peunasa BPIH dari CJH yang tahun kemarin tertunda pemberangkatannya, untuk di teruskan ke Kanwil Malut “Sejauh ini informasi apakah CJH ini bisa diberangkatkan atau tidak itu kami masi menunggu penjelasan Kementrian Agama,”ujarnya

Meski demikian pihaknya ini selalu membuat manasik haji juga seperti tahun kemarin tertunda manasiknya tetap dilakukan dan tahun ini juga sudah selesai membuatnya dengan memakai protokol covid-19 “Quota CJH kota Ternate itu 265 dan tetap masi sesuai dengan jumlah sampai saat ini,”jelasnya (tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here