Permudah Pelayanan Adminduk di Kecamatan Terluar

0
200
Ilustrasi

HARIANHALMAHERA.COM–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mulai tahun ini akan mempermudah pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di tiga kecamatan terluar.

Kadisdukcapil Rukmini A Rahman menuturkan, kebijakan ini sesuai dengan arahan Wali Kota M Tauhid Soleman. “Tahun ini program Bahim akan mulai dioptimalkan agar dapat mempermudah pelayanan terhadap warga di tiga kecamatan terluar tersebut,” katanya

Salah satu bentuk apakah dengan menempatkan petugas di ketiga kecamatan atau seperti apa. Sebab, hal ini baru akan dirapatkan dengan rapat bersama camat dan lurah di tiga kecamatan tersebut. Yang pasti pelayanan adminduk nantinya belum untuk pembuatan kartu tanda penduduk dan kartu identitas anak.

Untuk pembuatan kartu e-KTP dan Kartu Identitas Anak sendiri, Dukcapil berencana akan menempatkan mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) di ketiga kecamatan tersebut. “Bila di tahun depan mesin ADM tambahan sudah ada maka akan ditempatkan di tiga kecamatan itu sehingga semakin mempermudah pelayanan kependudukan bagi masyarakat,” katanya.

Dukcapil lanjut dia, juga dalam waktu dekat bakal mengoperasikan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di pusat kota. “Rencanya akan kita tempatkan di depan Taman Nukila. Jika dalam pengoperasiannya mendapat banyak peminat dari masyarakat, maka akan ditambah mesinnya,” terangnya.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here