Sandiaga Dukung Batu Angus Masuk UNESCO

0
53
Sandiaga Uno

HARIANHALMAHERA.COM–Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate mendorong wisata Geopark Batu Angus yang berada di Kelurahan Kulaba, Ternate Barat untuk masuk dalam United Nations Educational Scientific and Cultural organization (UNESCO), mendapat dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Dalam kunjungannya ke Ternate, Kamis (16/6) lalu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan untuk masuk dalam standar UNESCO, geopark Gatu Angus wajib mengedepankan konservasi dan edukasi serta dikelola dengan prinsip pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Jangan sampai ada yang terpinggirkan karena konsepnya adalah geowisata.

“Tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk membuat destinasi wisata, Allah SWT sudah menghadirkan suatu fenomena alam yang sangat luar biasa. Dan saya sangat mendukung aspiring Geopark Ternate  ke UNESCO,” ujarnya.

Menurutnya, geopark bukan hanya secarik kertas, tapi tujuannya luhur dalam pelestarian lingkungan, konservasi, edukasi dan kesejahteraan masyarakat.

“Percuma ada geopark, kalau masyarakat tidak sejahtera. Bahkan, pengembangan geowisata ini harus melibatkan UMKM dan wisata alam lainnya yang terintegrasi dan terimplementasi dengan baik,”paparnya.

Sementara Kepala Bappelitbangda Ternate, Rizal Marsaoly menyampaikan,  Pemkot akan mendorong warisan geologi dan dikemas menjadi nilai ekonomis.

“Banyak tahapan kita tempuh kesana, hari ini tahapan sudah masuk di aspiring skala nasional, tinggal tim penilai datang kesini untuk melakukan verifikasi faktual sebagai dasar untuk diusulkan ke UNESCO,” jelasnya.

Ia menambahkan, persaingan masuk ke UNESCO cukup ketat sehingga pembenahan fasilitas dibeberapa titik pada tahun ini harus segera  dilakukan.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here