Terjunkan 650 Personil di Operasi Ketupat

0
559
Rapat Lintas Instansi di Ruang Rapat Utama Polda Malut kemarin (23/5)

HARIANHALMAHERA.COM–Operasi pengamanan arus mudik dan lebaran dengan sandi ‘Ketupat 2019 mulai disiapkan Polda Malut. Sesuai hasil rapat bersama lintas SKPD terkait di Rupatama Mapolda kemarin, untuk mengamankan lebaran, Polda telah menyiapkan sebanyak 650 personil.

Jumlah itu terdiri dari 150 personil dari Polda sisanya dari Polres. Ratusan kekuatan ini akan ditempatkan di 9 titik pos gabungan terpadu di Ternate didalamnya juga da personil dari Basarnas dan Polairud “Nanti kita bagi pos terpadu antara Polres dan Polda,” katanya.

Untuk Polda sendiri, wilayah pengamanannya meliputi Bandara Udara, Masjid Raya Al-
Munawar dan Pusat perbelanjaan Jatiland Mall. Sisanya wilayah polres termasuk tempat wisata Jikomalamo dan Sulamadaha. Selain membahas pengamanan, rapat kemarin juga membahas berbabagi hal dari masing- masing pihak mulai dari stok beras dan gula dari Bulog, soal harga bahan pokok dari Disperindag hingga stok BBM (Bahan Bakar Minyak) dari Depot Pertamina Jambula. “Untuk stok BBM juga siap bahkan sampai 20 hari kedepan,” katanya.

Begitu juga dengan tranportasi laut, dia menekankan pihak ASDP, KSOP agar menyiapkan
kesiapan sarana prasarana transportasi. Baginya yang selalu menjadi masalah disetiap arus
mudik adalah transportasi laut baik arus barang maupun penumpang. “Kita tekankan tolong diintensifkan pengecekan layak kapal, kelengkapan untuk keselamatan penumpang itu perlu kita sosialisasikan,” ungkapnya.

Soal arus mudik juga akan dibuat posko terpadu gabungan antara Basarnas, Dishub, ASDP,
Damkar, TNI, polri, dalam rangka meningkatkan pelayanan yang berlokasi di pelabuhan tidak hanya pelabuhan Ahmad Yani, namun juga Pelabuhan-pelabuhan penyebrangan yang lain. (lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here