Turun ke Pasar Higienis, Jokowi Minta Semua Berjalan Alami

0
94
Joko Widodo (Foto : net)

HARIANHALMAHERA.COM–Pemkot Ternate sempat dibuat kalang kabut dengan agenda kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pasar Higienis Bahari Berkesan di Kelurahan Gamalama yang dijadwalkan akan berlangsung Rabu (28/9) besok.

Bagaimana tidak, dengan kondisi pasar yang semrawut, dengan kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini ke pasar itu, bisa mencoreng citra Pemkot yang dianggap tidak mampu menata pasar.

Namun, Pemkot kini bisa bernafas lega. Sebab, Presiden sendiri meminta tidak perlu ada penataan di pasar saat kedatangannya nanti,

“Sesuai permintaan Pak Presiden, semuanya berjalan normal atau alami tanpa ada rekayasa,” kata Wali Kota M Tahid Soleman disela-sela peninjauan Pasar Higienis, Senin(26/9).

Di Pasar itu, Jokowi akan penyerahan bantuan modal kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pedagang

Sebelum ke pasar Higienis, Jokowi lebih dulu berkunjung ke Kantor Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas di Bastiong dalam rangka penyerahan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan BLT.

Tahhid menyebut, ada sekitar 700 orang lebih penerima bantuan dari Presiden, dan sasaran penerima bantuan secara langsung ada sekitar kurang lebih 30 orang.

Kedatangan Presiden ke Pasar Bahari berkesan juga untuk melihat secara dekat bagaimana kondisi ekonomi yang ada di Kota Ternate. “Pak Presiden akan melihat langsung bagaimana ketersediaan stok kebutuhan pokok, serta keterjangkauan harga dari keadaan ekonomi yang ada di Kota Ternate,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Muchlis Jumadil menambahkan, selama kunjungan Presiden, areal parkir kendaraan yang berada di area parkir pasar ke sisi utara dan sebagian di area terminal. “Lokasi ini akan steril dari kendaraan dan ada pengalihan arus lalulintas, dari utara maupun selatan menuju lokasi pasar,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam rangka menyambut kedatangan presiden RI Ir. Joko Widodo, siswa-siswi di kota Ternate membersihkan sampah di jalan bandara Babullah Ternate.

Pantauan di lapangan,  ratusan siswa-siswi sedang melakukan pembersihan sampah di bahu jalan dan trotoar jalan Bandara Babullah Ternate bersama para guru dan sejumlah pegawai Dinas Pendidikan Kota Ternate.

Salah satu Staf Dinas Pendidikan Kota Ternate, Hasyim  mengatakan, kegiatan pembersihan ini untuk menjemput kedatangan presiden di kota Ternate

Menurut Hasim, ini merupakan instruksi dari Wali Kota Ternate kepada seluruh sekolah yang ada di kota Ternate agar hari ini libur untuk melakukan kegiatan pembersihan jalan di kota Ternate.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here