Halbar

DAMAI Unggul di PSU Desa Moiso

×

DAMAI Unggul di PSU Desa Moiso

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi : Petugas KPPS mencatat perhitungan suara di TPS pada Pemilu dan Pilpres 2019 lalu

HARIANHALMAHERA.COM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Barat (Halbar), kembali melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 02, Desa Moiso, Kecamatan Jailolo Selatan, Minggu (13/12).

PSU ini berdasarkan rekomendasi Bawaslu Nomor TU.001.01/229/BAWASLU-HB/XII/2020 tertanggal 11 Desember 2020, dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 02 Moiso sebanyak 261 pemilih.

Ini dilakukan setelah saksi dari pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 James Uang – Djufri Muhamad (JUJUR), nomor urut 3 Ahmad Zakir Mando – Pdt. Alpinus K. Pay (ZAMAN-PAY) dan nomor urut 4 Denny Palar – Iksan Husain (DESAIN), mengajukan keberatan.

Para saksi menilai, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada Rabu (9/12) ada indikasi kecurangan yang dilakukan panitia penyelenggara. Karena dari hasil penelitian dan pemeriksaan pemungutan suara, terdapat pemilih yang mencoblos lebih dari satu kali.

Berdasarkan hasil perhitungan suara yang tercantum dalam form C.Hasil KWK, pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Danny Missy – Imran Lolori (DAMAI) unggul dengan perolehan 127 suara.

Di posisi kedua paslon nomor urut 1 James Uang – Jufri Muhammad (JUJUR) dengan perolehan 64 suara. Urutan ketiga paslon nomor urut 3 Ahmad Zakir Mando – Pdt. Alpinus K. Pay (Zaman – Pay) 21 suara, dan paslon nomor urut 4 Denny Palar – Iksan Hi. Husain (DESAIN), tidak memperoleh suara satupun.

Devisi Teknis KPU Halbar, Yanto Hasan, mengungkapkan dalam pelaksanaan PSU yang dikawal ketat aparat keamanan dan Bawaslu, warga yang melakukan pencoblosan sebanyak 214 orang. Jumlah ini menandakan bahwa, partisipasi pemilih cukup tinggi.

“Karena bisa saja saat pencoblosan pada 9 Desember kemarin, di angkah 261 itu kemungkinan satu orang mencoblos lebih dari satu. Sehingga jumlah suaranya banyak,” tandasnya.

Yanto menambahkan, setelah pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan suara PSU, kotak suaranya langsung dibawah ke kantor Kecamatan.

KPU, kata dia, mengapresiasi warga sebagai pemilih yang ikut berpartisipasi dalam pencoblosan. Selain itu, Pemerintah Desa dan aparat keamanan yang sudah bersama-sama mengawal hingga selesai penghitungan suara.

“Penghargaan setinggi-tingginya juga kami ucapakan kepada penyelenggara di tingkat bawah, yakni KPPS yang tetap menjaga integritasnya, yaitu mengawal Pemungutan Suara Ulang di TPS 02 Desa Moiso,” ujarnya. (tr-4/kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *