Sambut Positif Kuota 60 Persen Tenaga Kerja Lokal

0
187
Mesak Habari

Oleh: Mesak Habari

Ketua Lembaga Pemuda Adat (LEPA BOENG)

 

MERESPON positif pernyataan Presiden Direktur (Presdir) PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) H Robert Nitiyudo Wachjo yang akan memprioritaskan tenaga kerja lokal sebagai karyawan perusahaan. Dalam pernyataannya yang tersebar di media sosial, H Robert akan memberikan kuota hingga 60 persen bagi tenaga kerja lokal.

Saya menilai keputusan itu merupakan langkah yang baik untuk melibatkan masyarakat setempat. Mengingat selama ini sangat minim kuota yang tersedia untuk warga lokal. Saya mengharapkan kuota yang disediakan untuk warga lokal tidak hanya sebagai tenaga kerja biasa, tetapi juga dapat mengisi jabatan-jabatan strategis sesuai dengan skill dan keterampilannya.

Selama ini sangat minim kesempatan bagi tenaga kerja lokal. Ini adalah keputusan yang positif memberikan ruang yang besar untuk masyarakat setempat.

Saya berharap, bahwa semangat dari pihak perusahaan untuk membuka ruang yang besar bagi pekerja lokal tidak hanya sebagai argumentasi saja, tetapi harus diwujudkan dalam tindakan-tindakan konkret. Pernyataan H Robert harus diperkuat dengan aturan yang jelas dan mengikat, sehingga tidak menjadi persoalan di kemudian hari.

Justru saya menantang Pak H Robert untuk membuktikan pernyataannya sebagai bentuk konsistensi beliau dalam memperhatikan masyarakat lingkar tambang dan memperbaiki manajemen yang selama ini dianggap kurang baik.

Terakhir, saya menawarkan solusi agar ada keterbukaan dalam perusahaan sehingga masyarakat dapat mengakses semua informasi dan kegiatan perusahaan. Dengan adanya perkembangan teknologi, perusahaan dapat membuat satu terobosan baru sebagai media informasi publik, agar ada sentral informasi bagi masyarakat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here