HalselMaluku Utara

Pangdam Pantau PSN di Obi

×

Pangdam Pantau PSN di Obi

Sebarkan artikel ini
Kunjungan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon memberikan arahan kepada anggota TNI yang melakukan pegamanan terhadap objek vitak nasional salah satunya Harita Nickel Minggu (3/4)

HARIANHALMAHERA.COM–Sebagai salah satu proyek stratgis nasional (PSN), Harita Nickel yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan (Halsel) turut dikunjungi Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon.

“Tentunya, kunjungan ini guna memastikan, PSN di sektor pertambangan dan hilirisasi mineral dapat beroperasi secara aman,” katanya saat kunjungannya ke Pulau Obi, Minggu (3/4).

Menurut dia, perkembangan PSN yang juga merupakan objek Vital nasional (Obvitnas) di Obi ini menjadi perhatian Pangdam Pattimura.

Operasional Harita Nickel di Obi tidak lagi sebatas kawasan pertambangan nikel, tetapi telah menjadi area industri dengan beberapa pabrik peleburan (smelter) dan pemurnian (refinery) di dalamnya.

Tingginya nilai investasi dan nilai tambah yang dihasilkan serta besarnya serapan tenaga kerja, membuat pengamanan di kawasan ini perlu dilakukan secara tepat dan terarah.

Richard memberi arahan kepada para prajurit yang bertugas dalam Satgas Obvitnas Kodam Pattimura dan berpesan untuk selalu menjaga soliditas tim.

“Bentuk tim yang solid di antara kalian. Jalin hubungan yang baik dengan unsur pengamanan lain, termasuk juga dengan para karyawan, jaga Proyek Strategis Nasional yang juga Objek vital ini sehingga investasinya aman, karena hasilnya juga untuk kesejahteraan masyarakat, baik masyarakat sekitar maupun secara nasional,” kata Pangdam

Kunjungan kerja di Malut ini merupakan yang pertama kalinya bagi Mayjen Richard sejak menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura pada akhir 2021.

Tidak hanya itu, Pangdam juga beramanat bahwa prajurit harus menjadi contoh yang baik bagi lingkungan sekitar. Namun ia juga mengingatkan prajurit untuk tetap bersikap tegas terhadap hal-hal yang prinsipil, yaitu keamanan area PSN, personel dan pangkalan.

“Jadilah teladan yang baik. Tunjukkan sikap disiplin, patuh, semangat dalam bekerja, humanis, juga simpatik. Berikanlah solusi dari persoalan-persoalan yang ada,” kata Pangdam.

Direktur Utama PT Trimegah Bangun Persada, Donald J Hermanus menyampaikan apresiasi atas perhatian yang diberikan oleh Pangdam.

“Kunjungan ini merupakan bentuk dukungan negara melalui TNI atas upaya kami mengoptimalkan sumber daya alam Indonesia. Semoga dukungan ini menjadikan Harita semakin berkembang dalam memberikan kontribusi terbaiknya bagi bangsa dan negara, serta ikut dalam mengembangkan daerah Malut,” ujar Donald.

Rombongan Pangdam dan manajemen Harita Nickel pun menyempatkan diri untuk berkeliling di area perusahaan. Mereka menyaksikan area pertambangan dan lokasi pabrik, baik yang telah aktif beroperasi maupun yang masih dalam tahapan konstruksi. Menurut Donald, hal ini bertujuan memperlihatkan area perusahaan lebih jelas dan meyakinkan bahwa Harita Nickel selalu menjalankan setiap usahanya berdasarkan aturan yang berlaku.

Sebelum menutup kegiatan kunjungan kerja ini, Pangdam meluangkan waktu untuk menanam sebuah pohon di area perusahaan sebagai kenang-kenangan. Ia menanam pohon ketapang kencana, salah satu jenis yang biasa dipakai untuk kebutuhan reklamasi di Harita Nickel Site Obi.(pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *