Berharap Kongres KNPI Bisa Dorong Sofifi Jadi Kawasan Khusus

0
177
Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) menyerahkan cidera mata kepada Ketua Umum KNPI Haris Pertama

HARIANHALMAHERA.COM–Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) tak henti-hentinya menyampaikan harapanya agar Sofifi menjadi ibu Kota Mandiri di setiap momen nasional yang berlangsung di Malut.

Seperti Kongres XVI Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang digelar di aula Nuku kantor Gubernur Minggu (15/5).

Saat membuka kegiatan yang dihadiri sejumlah tokoh nasional itu, AGK memberikan apresiasi kepada DPP KNPI karena telah menjadikan Sofifi sebagai lokasi kongres bertaraf nasional yang juga merupakan agenda nasional kedua setelah pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) 2021 lalu dengan menghadirkan lebih dari 3000 orang dan berakhir dengan aman dan lancar walaupun ditengah Pandemic Covid 19.

AGK mengatakan, Sofifi yang berada di wilayah Kota Tidore Kepulauan ini sejak tahun 2010 lalu resmi melaksanakan aktivitas pemerintahan di puncak Gosale. Ibu Kota Provinsi saat ini berada pada sebuah kecamatan yang jumlah penduduknya masih sangat terbatas.

Namun, semangat yang kuat dari semua penyelenggara pemerintahan di daerah dan keyakinan penuh akan mampu merubah wajah Kota Sofifi maka, semua langkah dan upaya ditempuh hanya untuk menjadikan Sofifi setara dengan Ibu Kota lainnya di Indonesia.

“Perjuangan untuk menjadikan Sofifi Sebagai Ibu Kota Mandiri telah digaungkan sejak tahun 2015 silam, ketika Presiden melakukan Kunjungan Kerja sekaligus secara simbolis menetapkan Sofifi sebagai salah satu daerah yang akan di mekarkan bersama sejumlah daerah lainnya di Indonesia,” Katanya

Kemudian pada Februari 2015, dengan adanya moratorium daerah oton mbaru (DOB) menyusul Undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah sehingga sampai saat ini konsep Ibu Kota Sofifi sebagai Kota Mandiri belum sempat terwujud.

Oleh karna itu, lewat momentum kongres ini, AGK berharap bisa menjadi ruang untuk menegaskan lagi komitmen Pemerintah mewujudkan Sofifi sebagai kawasan khusus kedepan.

Harapan AGK, Kongres yang diperkirakan dihadiri lebih dari 1000 pemuda tersebut dapat dapat memetik nilai-nilai perjuangan pemuda yang dilahirkan di ruangan ini.

Dia juga berharap agar Kongres ke-XVI ini dapat menjadi panutan seluruh organisasi pemuda yang militan dalam menjaga kesatuan NKRI, berjalan lancar, baik dan aman terkendali hingga pemilihan ketua DPP Terpilih.

“Atas nama Pemerintah Provisi Maluku utara, terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh pengurus DPP KNPI dalam hal ini, bung Haris Pertama sebagai ketua yang tangguh dalam bersikap dan berpikir maju dan segenap jajaran DPD KNPI Maluku Utara yang tak pernah lelah membangun koordinasi lintas baik pemerintah daerah maupun instansi vertikal,” tukas AGK.(adv/lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here