Capaian Investasi Tembus Rp 43,8 Triliun, AGK Terima Penghargaan

0
139
Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) menerima penghargaan dari Menteri Investasi BKPM Bahlil Lahadalia

HARIANHALMAHERA.COM–Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat terdapat tujuh provinsi yang mencatat realisasi investasi tertinggi di tahun 2021.

Diantara ketujuh daerah tersebut, salah satunya Provinsi Maluku Utara (Malut). Enam provinsi lainnya yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Riau dan Jawa Tengah.

Data laporan dari Kementerian Investasi/BPKM, realisasi investasi di Malut tahun 2021 sebesar Rp 43,8 triliun yang bersumber dari 425 proyek

Atas capaian tersebut, sebagai apresiasi, BKPM memberikan penghargaan langsung kepada Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba (AGK) bersama enam gubernur lainnya.

Selain AGK, penghargaan juga diberikan kepada Bupati Halteng Edi Langkara bersama 9 Kabupaten/Kota di Indonesia yang mencatat realisasi investasi tertinggi di tahun 2021.

Capaian resliasi investasi di Halteng pada tahun 2021 mencembus Rp 28,81  dengan 51 proyek. “Jadi hari ini (kemarin red) Provinsi Maluku utara menerima dua pengharagaan dimana untuk provinsi Malut diterima gubernur Kh Abdul Gani Kasuba dan Halmahera Tengah diterima Bupati Halmahera Tengah pak Edi Langkara,” terang Kepala Biro Administrasi Pimpinan Rahwan K Suamba dalam relisnya.

Menteri Investasi/BPKM Bahlil Lahadalia mengungkapkan, pemberian penghargaan ini diberikan dalam rangka apresiasi kepada kepala-kepala daerah baik gubernur, bupati, kepala daerah, dan seluruh perangkatnya yang turut membantu Kementerian Investasi dalam mencapai keberhasilan realisasi investasi di 2021.

“Sebelumnya belum ada bentuk penghargaan seperti ini. Ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada Gubernur, Bupati, Kepada Daerah dan jajarannya karena realisasi investasi ini bisa tercapai bukan hanya berkat BKPM melainkan bantuan daerah,” tutur Bahlil dalam Konferensi Pers Pemberian Penghargaan atas Capaian Realisasi Investasi Tahun 2021 kepada Pemerintah Daerah, Rabu (16/2)

Tercatat realisasi investasi mencapai Rp 901,02 triliun sepanjang 2021. Realisasi itu mencapai 100,1% dari target investasi tahun lalu yang sebesar Rp 900 triliun.

Bahlil juga meminta Gubernur AGK untuk menyampaikan tips-tipsnya bagaimana sehingga investor bisa datang dan berinvesatasi di Malut.

AGK sendiri menjelaskan bahwa provinsi Malut merupakan salah satu daerah yang jauh dari ibukota Negara namun mampu membangun dengan baik sehingga mendapatkan beberapa penghargaan seperti kategori provinsi paling bahagia, provinsi yang ekonominya tertinggi dan hari ini penghargaan tertinggi pada capaian realisasi investasi 2021.

Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada menteri dan Sekjen Kementerian Investasi karena atas dorongan kementerian sehingga Maluku Utara menjadi salah satu daerah tujuan investasi.

Dikesempaan yang sama ,Gubernur dua priode ini juga memberi apresiasi kepada dinas PTSP dan para pelaku usaha yang melakukan invastasi di Malut karena telah bekerjasama dengan baik dalam menjlankan kewajiban Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) sehingga mengharumkan nama Provinsi Maluku Utara di tingkat nasional.

Sekedar diketahui, pemberian penghargaan Capaian Realisasi Investasi kepada AGK karena pemerintah provinsi Maluku Utara berhasil memenuhi kriteria pelaporan dimana sudah melakukan kewajiban Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), Pelatihan dan Bimtek kepada pelaku usaha melalui System Perizinan Online Single Submission atau System Perizinan Usaha Terintegrasi Secara Elektrronik.(adv/lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here