Zonasi juga Berlaku di Sekolah Swasta

0
608
Ibrahim Muhammad

HARIANHALMAHERA.COM– Berbeda dengan di daerah lain yang hanya diberlakukan di sekolah negeri, di Kota Ternate Penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Online (PPBD) dengan system zonasi berlaku di seluruh sekolah, tidak hanya negeri namun juga swasta.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas) Ternate Ibrahim Muhammad dalam
rapat bersama Kepala Sekolah (Kasek) SMP dan SD se Ternate di Aula Diknas Rabu (26/6).
Pemberlakuan sistem zonasi di sekolah swasta ini terutama di SMP Islam dan SMP Al-Bina,
karena dari tahun ke tahun kedua sekolah swasta itu siswanya sellau membludak.

“Makanya, walaupun aturan (zonasi, red) itu diberlakukan sekolah negeri tetapi sekolah swasta juga kita batasi,” ujarnya. Karenanya, sebelum PPDB dibuka, kepala sekolah harus menyampaikan ketersediaan ruang belajar, sehingga siswa yang diterima sesuai dengan kapasitas. “Jangan kelas kurang, terima siswa lebih banyak sehingga nanti terjadi dobel shift dan lain- lain,” katanya.

Ini juga mencegah jangan smapai terjadi penumpukan siswa di salah satu sekolah sementara sekolah yang lain kosong. Untuk memperketat system zonasi ini, Sekolah juga bekerja sama dengan Dukcapil untuk memastikan tempat tinggal calon siswa bahwa benar siswa yang bersangkutan berada di zonasi tersebut. Meski begitu,Ibrahim meyaniki dengan sistem online otomatis siswa yang diluar zonasi tetap ditolak.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here