11 KK DI SIDANGOLI GAM BAKAL DIRELOKASI

Terjunkan Alat Berat Bersihkan Lumpur di Jalur Sidangoli-Jailolo

0
275
Pemukiman warga di RT 06 Desa Sidangoli Gam Kecamatan Jailolo Selatan yang terendam banjir (Foto : Suparman Pawah)

HARIANHALMAHERA.COM–Pemkab Halbar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bakal merelokasi 11 kepala keluarga (KK) di lingkungan RT 01 Desa Sidangoli Gam Kecamatan Jailolo Selatan (Jalsel) yang rumahnya rusak setelah dihantam gelombang, Sabtu (16/1) malam.

Langkah ini dilakukan mengingat rumah milik 11 KK yang saat ini tengah mengungsi di musala itu berada di daerah rawan yakni di pesisir pantai.

Plt Kepala BPBD Halbar Abdullah Ishak mengatakan rencana relokasi ke 11 KK ini telah di sampaikan ke Sekda. Namun, lokasi dimana mereka akan drekolasi, dia mengaku dikoodinasi dengan pemerintah desa setempat. Yang jelas, lokasi baru itu aman dari bencana.  “Kalau sudah ada lahan pemda siap fasilitasi,” ujarnya seraya mengatakan BPBD juga sudah menyalurkan bantuan kepada 11 KK itu berupa sembako.

BPBD juga mencatat sebanyak 50 KK di Desa Pumadada Kecamatan Loloda, juga terpaksa mengungsi lantaran rumahnya ikut terendam banjir. Banjir terjadi akibat jebolnya tanggul.

begitu juga di desa Linggua. BPDB menyebut ada puluhan rumah warga ikut terendam air. Sedangkan di desa Tolofuo, terdapat enam rumah rusak diterpa puting beliung. “Sementara kami juga lagi menerjunkan personil dilapangan guna melakukan pendataan. Yang pasti sejauh ini belum ada korban jiwa,” terangnya.

BPDB juga sudah berkoordinasi dengan Pemprov Malut dan BNPB agar dapat diberikan bantuan, “Diharpkan juga ada normalisasi sungai yang sereing menjadi titik rawan banjir,” katanya.

Pemkab juga telah menerjunkan sebuah alat berat untuk melakukan pembersihan di ruas jalan Jailolo-Sidangoli yang tertimbun longsor usai dilanda banjir Sabtu lalu. “Sementara sudah dilakukan pemberishan dibantu anggota TNI/Polri,” pungkas Abdullah.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here