Damkar Halbar Koleksi Armada Tua

Hanya Dua Unit Mobil di Era Kabupaten Maluku Utara

0
91

HARIANHALMAHERA.COM–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) sepertinya masih menganggap remeh, terhadap peristiwa kebakaran yang sering terjadi.

Ini bisa dilihat dari armada berupa mobil yang dimiliki Unit Pemadam Kebakaran (Damkar). Selain hanya dua unit, salah satunya adalah peninggalan era Kabupaten Maluku Utara.

Kabid Damkar dan Linmas, Satpol PP dan Damkar Halbar, Abdurahman Selpia, mengaku hingga penghujung akhir tahun ini, tercatat sudah terjadi 10 peristiwa kebakaran.

“Dan itu diatasi oleh unit Damkar dengan masih mengandalkan dua unit mobil pemadam, dan ditambah sejumlah perlengkapan petugas,” kata Abdurahman, Senin (23/11).

Dia merinci, 10 peristiwa tersebut di antaranya kebakaran hutan, rumah, serta kios yang lebih mendominasi. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian material mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

“Kalau untuk personil, saat ini yang tersedia baik bidang dan seksi ada 30 orang. Soal operasional berupa mobil dinas, tentu masih kurang. Jadi ke depan harus ada penambahan armada,” katanya.

Ia menambahkan, Damkar yang saat ini masih tergabung dengan Satpol PP akan menjadi OPD sendiri, pasca penerbitan Permendagri Nomor 16 Tahun 2020 tentang Pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Kabupaten/Kota

“Jadi ke depan bukan hanya fokus pada peristiwa kebakaran saja, tapi juga penyelamatan dan saat ini juga sering dilakukan,” ucapnya.

Dia mengaku, pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ini sudah ditindaklanjuti ke Pemda. Sehingga dengan terbentuknya dinas ini,  diharapkan ada peningkatan, baik dari sisi penambahan armada maupun peralatan.

“Tentu ini untuk mendukung petugas dalam menanggani berbagai peristiwa, baik kebakaran maupun penyelamatan,” pungkasnya. (tr-4/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here