Sopir Lintas Wajib Kantongi Identitas Diri Organda

0
86
Sejumlah mobil di Terminal Sisangoli saat menunggu penumpang dari Ternate menuju Sidangoli menggunakan kapal Ferry. (Foto: Zulfikar/Kumparan)

HARIANHALMAHERA.COM–Nikodemus H. David kembali dipercayakan memimpin DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Halmahera Barat (Halbar), dalam musyawarah ke dua di Hotel D’hoek, Jailolo, Jumat (20/11) kemarin.

 

Nikodemus terpilih secara aklamasi dari total enam Dewan Pimpinan Unit (DPU) tingkat kecamatan, yang kembali mempercayakan dirinya sebagai ketua 5 tahun ke depan.

 

Dalam kesempatan itu, Nikodemus mengatakan, yang akan dia prioritaskan adalah membenahi kendaraan lintas Halmahera yang masih menggunakan plat hitam, agar segera mengurus persoalan administrasi.

 

Jika masih ditemukan beroperasi menggunakan plat hitam, dirinya berjanji akan mengambil langkah tegas. Selain itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seluruh mobil lintas baik jurusan Ibu – Jailolo maupun antar kabupaten, diwajibkan memiliki Id Card yang diterbitkan setiap DPU disertai kode jurusan. “Misalnya jurusan Tobelo,” katanya.

 

Menurut dia, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di lapangan, maka setiap sopir lintas akan mudah dikenali. “Id Card yang akan kami terbitkan wajib dipajang di mobil, sehingga identitas sopir bisa diketahui penumapang. Begitu pun trayek tujuan,” tambahnya.

 

Organda Halbar, lanjut dia, ke depan juga bakal mendorong penyiapan terminal umum khusus untuk mobil lintas di Jailolo. Karena hingga saat ini seluruh sopir masih menggunakan terminal bayangan di samping lapangan Sasadu, Desa Acango. (tr-4/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here