Panwascam Ibu Buka Posko Pengaduan Awasi Coklit

0
403
Ilustrasi Pilkada 2020 (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Ibu, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menyiapkan posko pengaduan, untuk mengawasi pemutakhiran data pemilih dalam Pilkada serentak 2020.

Koordinator Divisi Pengawasan Panwascam Ibu, Afandi Hi Kader, mengatakan posko aduan ini dibentuk untuk mengawasi proses pencoklitan, yang berdasarkan jadwal berlangsung dari 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

“Bagi masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun tidak terdaftar, dapat melapor ke posko tersebut,” kata Afandi kepada wartawan, Rabu (22/7).

Selain memastikan masyarakat terdata dengan baik, kata dia, hal yang tak kalah penting adalah memastikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bekerja sesuai protokol kesehatan.

“Kami juga akan terus mengawasi tahapan pencocokan dan penelitian daftar pemilih. Upaya ini dilakukan agar kualitas daftar pemilih pada Pilkada 2020 di Halbar bisa semakin baik. Karena salah satu indikator kualitas Pilkada itu adalah daftar pemilih yang berkualitas, komprehensif, akurat, dan mutakhir,” sebutnya.

Dia juga memastikan, dalam tahapan pengawasan coklit, pihaknya juga menemukan puluhan warga yang sudah meninggal dunia maupun pindah penduduk. Namun temuan tersebut masih direkap oleh petugas.

“Yang pasti temuan di lapangan banyak sekali, mungkin ratusan. Tapi kami masih sementara rekap,” tambahnya.(tr-4/Kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here