Penyaluran DD Tahap Tiga Harus Tuntas Desember

0
327
Ilustrasi (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Halmahera Barat (Halbar), memastikan pencairan Dana Desa (DD) sebesar 20 persen di tahap tiga sudah harus tuntas di akhir Desember.

Agar proses pencairan tak lagi terlambat, Pemerintah Desa (Pemdes) diwajibkan menyiapkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan DD, agar realisasi berjalan lancar. Sebab jika tidak maka dipastikan dananya bakal hangus.

Penegasan tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemdes DPMPD Nurhayati Halek. “Sesuai aturan yang ada, hanya dijelaskan paling cepat, bukan paling lambat. Kalau paling lambat ya Desember. Jika terlambat, maka DD dari desa itu bakal hangus,” jelasnya.

Dia menuturkan, sampai saat ini DD yang disalurkan untuk tahap satu sebesar 40 persen, tahap dua 40 persen dan secara keseluruhan sudah dicairkan minus tahap tiga 20 persen.

“Jika dirupiahkan, 40 persen tahap pertama sebesar Rp53 miliar lebih. Sedangkan tahap dua 40 persen. Nilainya Rp52 miliar. Untuk tahap tiga 20 persen dengan anggaran Rp26 miliar,” terangnya.

Sayangnya, Nurhayati mengaku belum tahu pasti besaran DD bagi 169 desa di Halbar untuk tahun depan. Karena untuk penetapan besaran DD tersebut, pihaknya masih menunggu informasi dari pusat.

“Untuk penatapan besaran DD biasanya ada workshop. Dari situ baru diketahui berapa besar dana desa bagi Halbar,” pungkasnya. (tr-4/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here