Wabup Halbar Dukung Usulan Kapolda soal Rapid Test

0
469
Wakil Bupati Amad Zakir Mando bersama para anak yatim dan piatu di Desa Desa Golagu Kusuma

HARIANHALMAHERA.COM – Wakil Bupati (Wabup) Halmahera Barat (Halbar), Ahmad Zakir Mando, mendukung usulan Kapolda Maluku Utara (Malut) Brigjen Pol Rikwanto, terkait pelaksanaan Rapid Test massal kepada seluruh masyarakat untuk penanganan penyebaran virus corona (Covid-19).

Menurut Zakir, usulan Kapolda Malut merupakan langkah yang positif, sehingga wajib diikuti secara dini sebelum melebarnya penyebaran yang tidak diduga.

Selaku Wakil Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Halbar, Zakir juga mengusulkan kepada Ketua Satgas masing-masing kabupaten dan kota untuk menerima usulan Kapolda tersebut.

“Tidak ada cara yang lebih bagus untuk penangan Covid-19, kecuali dilakukan rapid test secara masal. Tentu agar bisa mendeteksi lebih cepat sebagai langkah kongkrit menyudahi persoalan yang terjadi saat ini,” katanya.

Usulan strategis tersebut, menurut Zakir, sangat baik. Karena dengan langkah itu, daerah bisa memikirkan langkah teknis lain pasca sudah bisa mendeteksi setiap jiwa warganya.

Zakir juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak mendiskriminasi pasien Covid-19 dan keluarga. Karena virus ini terbukti bisa sembuh dengan sendirinya.

“Ayo, pastikan bahwa kita tak tertular dan tak menulari. Hargai dan bantu isolasi mandiri, jangan diskriminasi pasien Covid-19 dan yang sudah pulang, bahkan keluarganya,” pesan Zakir.

Bagi orang nomor dua di Pemkab Halbar ini, kekompakan mutlak dibutuhkan.“Jadi mari kita lawan Covid-19 dengan tetap menjaga jarak, tidak berkumpul banyak orang,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat tidak lengah dengan Covid-19 dan tetap mewaspadai munculnya penyakit pancaroba, seperti demam berdarah dengue (DBD). “Jangan sampai angka pasien DBD memperburuk situasi Covid-19,” katanya.

“Ancaman DBD secara klasik masih muncul. Maka selain jaga jarak dan pakai masker, masyarakat juga harus jadi juru pemantau jentik untuk setiap rumah masing-masing,” pintanya. (tr-4/Kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here