Asa Kemampuan Babinsa Melalui Latnister

0
85
Latnister Kodim 1508/Tobelo (Foto : Kodim)

HARIANHALMAHERA.COM–Kodim 1508/Tobelo terus meningkatkan ketrampilan babinsa atau prajurit kewilayahan dalam melaksanakan tugas dengan menggelar kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2022.

Latihan yang dilaksanakan akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 21 sampai berakhir 23 itu bertempat di Barak Siaga Darmawangsa Kodim 1508/Tobelo, Desa MKCM Kecamatan Tobelo. Pelatihan tersebut, senin (21/3) kemarin resmi dibuka oleh Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf, I Putu Witharsana Eka Putra yang ikut dihadiri Kasdim 1508/Tobelo, Mayor Inf. Rusmin Nuryadin, para perwira staf Kodim 1508/Tobelo, personel Ba/Ta Makodim 1508/Tbl serta personel Koramil jajaran.

Dandim 1508/Tobelo mengatakan, Latnister ini merupakan suatu bentuk kegiatan yang sifatnya mengasah kemampuan para Babinsa dalam menjalankan tugas pokoknya dihadapkan dalam perkembangan situasi dan kondisi yang up to date sehingga pelaksanaan pembinaan wilayah bisa dipertanggungjawabkannya guna kepentingan pertahanan negara. “5 kemampuan teritorial harus di miliki para Babinsa dan diterapkan dalam melaksanakan tugas di lingkungan masyarakat di wilayah binaan. Latnister ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan teknis satuan kewilayahan,”katanya.

Menurutnya, Babinsa adalah ujung tombak komando kewilayahan sehingga mereka tidak boleh tumpul dan harus selalu di asah melalui latihan terprogram. “Jika Babinsa diwilayah selalu eksis dan mampu memberikan energi positif membantu program pemerintah desa maka akan terwujud kesejahteraan bagi seluruh masyarakat desa binaan,”pungkasnya.(dit/wyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here