Korban Gempa Galela Dapat Bantuan Bahan Bangunan

1
58
BPBD Halmahera Utara bekerjasama dengan PMI Halmahera Utara mulai menyalurkan bantuan material bangunan pada korban Gempa di Galela Barat (Foto : Makuhida.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Setelah distribusi bantuan kebutuhan pokok sehari-hari berupa sembilan bahan pokok (sembako) untuk korban gempa bumi di Kecamatan Galela, Galela Selatan dan Galela Barat, kini Pemkab Halmahera Utara kembali salurkan lagi bantuan bahan bangunan bagi warga yang rumahnya terdampak gempa hingga rusak berat dan ringan.

Bantuan bahan bangunan tersebut, selasa (10/5) kemarin telah disalurkan secara langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halut pada warga yang rumahnya rusak akibat gempa berkekuatan 5,2 skala richter tersebut.

Kepala BPBD Halut, Abner Manery, mengatakan, bantuan bahan bangunan rumah untuk masyarakat korban rumah sudah ada dan saat ini pihaknya tengah focus distribusi bantuan tersebut. “Iya, bantuan bahan rumah terdampak gempa bumi di Galela yang bersumber dari stimulan untuk bahan bangunan rumah korban gempa sudah ada dan saat ini kami sedang salurkan,”katanya.

Bahan rumah yang disalurkan itu menurutnya, terdiri dari batu tela sebanyak 5 ribu lebih, semen sebanyak 185 sak dan juga pasir serta kebutuhan rumah lainnya. “Untuk bantuan ini sasarannya pada rumah warga korban gempa yang kategor rusak berat dan sedang sebagaimana data penerima bantuan yang sudah dihimpun,”ujarnya.

Sementara itu, untuk bantuan kebutuhan rumah bencana putting beling di Desa Gamlaha Kecamatan Kao Utara lanjutnya, akan dilakukan pada pekan depan. “Untuk bencana putting beliung di Desa Gamlaha Kao Utara, kita sudah melihat dan mendata kerusakan rumahnya selanjutnya bantuan akan diberikan pada Minggu depan sebab saat ini tengah difokuskan di wilayah gempa,”ungkapnya.(cw)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here