KPU Launching Pilkada 2020 Sekaligus Resmikan RPP

0
392
LAUNCHING: Sekab Halut Fredy Tjandua bersama Komisioner KPU Provinsi Malut Moktar Alting dan didampingi komisioner KPU Halut saat melepaskan balon ‘Sukses Pilkada 2020’ ke udara, Sabtu (30/11).(foto: KPU Halut/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut akhirnya me-launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) 2020, Sabtu (30/11). Launching dihadiri Sekab Halut Fredy Tjandua bersama Komisioner KPU Provinsi Malut Moktar Alting.

Kegiatan launching juga bersamaan dengan peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang menjadi program KPU Halut sebagai wadah untuk menyediakan seluruh informasi yang berkaitan dengan Pilkada Halut 2020.

“Pelaksanaan launching Pilkada 2020 menandakan bahwa KPU bersama seluruh masyarakat Kabupaten Halut telah siap melaksanakan tahapan Pilkada. Acara ini juga sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016,” kata Ketua KPU Halut Muhammad Rizal.

Dijelaskan, dalam pelaksanan Pilkada 2020 nanti, sebanyak 196 desa yang ada di kabupaten Halut akan terlibat langsung dalam proses demokrasi. Disebutkan pula jumlah DPT sekira 135.609 dengan jumlah TPS sebanyak  307 buah. “Kami berharap adanya peningkatan partisipasi pemilih nantinya di tahun 2020, dan pelaksanaan pemilu dapat berjalan baik,” imbuhnya.

Komisioner KPU Malut Moktar Alting mengatakan, dari 10 Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Malut, hanya delapan daerah yang pada tahun 2020 nanti akan menggelar Pilkada serentak. “Pilkada serentak ini merupakan hajatan nasional yang akan digelar pada 23 September 2020, dimana ada 270 daerah se Indonesia yang melangsungkan pilkada serentak,” ujarnya.

Sementara itu, Sekab Halut Fredy Tjandua berharap dengan diluncurkannya Pilkada 2020 ini tentunya tahapan pilkada telah dimulai. “Ini harus diberikan apresiasi serta dilaksanakan dan  dijaga oleh semua pihak,” ucapanya.(pn/dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here