PDIP Undang dr Cun, Soal Rekomendasi Dukungan?

0
692
dr Heriyanto Tantri

HARIANHALMAHERA.COM— Analisa politik Pemilihan Bupati (Pilbup) Halut sedang tertuju ke dua pasangan calon. Joel B Wogono dan Said Badjak, serta dr Heriyanto Tantry dan Kasman Hi Ahmad. Kedua pasangan ini cukup membingungkan parpol untuk memberikan rekomendasinya.

Salah satu parpol yang dimaksud, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Untuk menjawab keraguan itu, kabarnya dr Cun—sapaan dr Heriyanto Tantry, diundang khusus PDIP ke Jakarta. Informasi ini diperoleh dari salah satu pengurus Partai Gerindra Halut.

“Informasinya seperti itu. dr Cun dipanggil DPP PDIP,” kata dia, yang meminta namanya tidak disebut.

Baca Juga: Adu Strategi Joel dan dr Cun Berebut Rekomedasi Partai

Ia menduga, inilah pula yang kemungkinan besar Partai Gerindra belum memberikan rekomendasi. Alasannya, Partai Gerindra sampai saat ini cenderung kepada pasangan petahana dan pasangan dr Cun-Kasman. Apalagi, ada bocoran dr Cun cukup dekat dengan salah satu fungsionaris DPP Gerindra. Jadi sangat mungkin rekomendasi jatuh ke tangan dr Cun-Kasman.

“Jika PDIP menjatuhkan pilihannya ke dr Cun-Kasman, maka kemungkinan Gerindra akan berkoalisi dengan PDIP. Sebaliknya, jika PDIP menberikan reomendasi ke pasangan lain, maka Gerindra akan mendukung petahana,” prediksinya.

Politisi Gerindra ini mengakui, enam partai dengan persolehan 10 kursi, mustahil mengusung lebih dari satu pasang kandidat untuk mendaftar ke KPU Halut. Sebab syarat minimal dukungan partai adalah 5 kursi.

“Kalau satu pasangan sudah dapat 5 kursi otomatis sisanya pasti ikut bergabung. Tentunya pasangan Joel dan pasangan Cun sedang saling adu strategi untuk mendapatkan rekomendasi. Setidaknya rekomendasi  PDIP atau PKB yang masing-masing memiliki 3 kursi,” nilainya.

Meski demikian, Sekretaris PDIP Halut Irwan Djam secara tegas mengatakan, internal PDIP Halut sudah berkomitmen mengusung pasangan Joel-Said. Alasannya karena Joel kader partai. Dia sangat yakin peluang Joel-Said untuk mendapatkan rekomendasi lebih besar.

“Satu pertimbangan adalah kader partai. Jadi kami yakin, rekom PDIP jatuh bukan ke pasangan lain tetapi ke pasangan Joel-Said,” tandasnya.

Demikian pula pernyataan Sekretaris PKB Halut Yusril Bailusy. Meski dia menyebut PKB awalnya inginkan Kasman, namun komitmen partai sudah bulat untuk mengusung pasangan Joel-Said.

“PKB tetap usung Joel-Said,” pungkasnya.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here