Anggaran Pilkada Masih Disusun

Temui AGK, KPU Ingatkan Pemprov

0
53
Pertemuan KPU dengan Gubernur Malut

HARIANHALMAHERA.COM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) mulai ancang-ancang merumuskan anggaran Pilkada serentak 2024 baik Pilgub maupun Pilbup/Pilwako.

Karena itu, penting bagi lembaga penyelenggara pemilu tersebut mengingatkan Pemda agar menyiapkan anggaran Pilkada serentak 2024.

Permintaan itu disampaikan KPU saat bertemu dengan Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) di Ternate.

Ketua KPU Malut Pudja Sutamat mengatakan, pihaknya bersama KPU Kabupaten/Kota tengah menyusun besaran pagu anggaran Pilkada di masing-masing daerah. “Jadi angkanya itu belum final, masih perencanaan,” katanya.

Dihadapan AGK, Pudja yang didampingi dua anggota KPU Buchari Mahmud, Reni Syafrudin A. Banjar, dan sekretaris KPU  Mukmin Buamona pun mengingatkan Pemprov mulai dari sekarang sudah harus menyiapkan anggaran Pilkada. “Dari sekarang musti Pemda menyiapkan anggaranya,” terangnya

Dijelaskan, sistem penganggaran pada Pilkada 2024 kali ini berbeda. Karena berlangsungnya serentak antara Pilgub dan Pibup/Pilwako, maka ada sharing anggaran antara Provinsi dengan Kabupaten/Kota . “Penyelenggaranya sama, tapi pemilihan ada dua, ada gubernur ada Bupati/ walikota,” ujarnya.

Soal anggaran dialokasikan secara bertahap leat skema Mulri Years (MY) atau sekalugus semua tergantung Pemda dan DPRD. “Setidaknya sudah di siapkan oleh pemerintah daerah masing- masing itu lebih baik supaya tidak ada masalah,” ungkapnya

Soal anggaran ini, Pudja mewanti-wanti jangan sampai terjadi dengan Pemkot Tikep pada Pilgub 2018 lalu, dimana permasalahan sampai ke Menkopolhukam.

“Pertemuan untuk mengingatkan pemilihan serentak tahun 2024 untuk gubernur,bupati/walikota itu dari sekarang sudah disiapkan terutama persiapan anggaran,memberikan tahukan sehingga pembahasan. (lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here