BMGK: Malut Waspada Gelombang Tinggi

0
465
ILUSTRASI gelombang tinggi. FOTO ANTARA

HARIANHALMAHERA.COM – Imbauan bagi para nelayan, ABK dan pengguna transportasi laut di Maluku Utara (Malut) agar waspada dengan kondisi gelombang laut yang akan terjadi Selasa (11/2) esok.
Sebab, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan di empat provinsi yakni Malut, Bengkulu, Bali dan Kalimantan Tengah.
Peringatan dini yang diunggah BMKG dalam laman www.BMKG.go.id, Minggu (9/2) malam menyebutkan ada sejumlah perairan di Malut yang, gelombangnya mencapai 2,5-3,0 meter
Perairan-perairan tersebut yakni di wilayah Samudera Pasifik sebelah utara Halmahera, Samudera Pasifik sebelah selatan Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Morotai, perairan barat bagian utara Halmahera dan perairan timur Halmahera.
Sementara di Bengkulu, gelombang tinggi mencapai 0,5-3,0 meter berpotensi terjadi di perairan Bengkulu- Enggano dan gelombang tinggi 2,0-3,5 meter berpotensi terjadi di Samudera Hindia Barat Bengkulu.
Di Bali, gelombang tinggi mencapai 2 meter atau lebih berpotensi terjadi di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan dan Samudera Hindia sebelah selatan Bali.
Sedangkan di Kalimantan Tengah gelombang tinggi mencapai 1,0-2,0 meter diperkirakan terjadi pada Senin (10/2) di wilayah perairan selatan Kalimantan Tengah. “BMKG mengimbau masyarakat pesisir agar berhati-hati ketika beraktivitas di laut,” tulis BMKG dalam lamannya (mio/pur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here