BPK Malut Pantau Laporan Pemeriksaan Semester 1

0
70
Gedung BPK RI Perwakilan Maluku Utara (Foto : Nurkholis/Gatra)

HARIANHALMAHERA.COM–Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara, Selasa (14/6) menggelar rapat pemantau tindaklanjut hasil pemeriksaan keuangan semester I tahun 2022 kepada semua Kabupaten/Kota se Malut.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Malut Samsuddin A.Kadir mengatakan, rapat ini intinya dari tindaklanjut pemeriksaan semester I. “Jadi ini adalah kewajiban semua Pemerintah Kabupaten/Kota yang mendapatkan rekomendasi BPK atas temuan-temuan yang ditindaklanjuti,” katanya.

Hasil temuan-temuan ini ditindaklanjuti dan dipantau BPK, dan apakah sudah sesuai ketentuan atau belum sesuai yang diajukan oleh BPK. “Jika sudah sesuai maka ada kemajuan, maka ada presentasi penyelesaian rekomendasi temuan,” ujarnya.

Ditanyakan, semua Pemda pada tahap I ini sudah mencapai progres penyelesaian temuan, Samsuddin mengaku semua sudah capai progres. “Jadi semua ada progres kemajuan, jika dilihat dari periode sebelumnya,” akunya.

Sementara Wali Kota Ternate, M.Tauhid Soleman, menyatakan,  Pemkot Ternate sesuai target pemantauan BPK sudah menyelesaikanya. Sehingga tadi mendapat penghargaan ketiga dari BPK. “Sesuai detadline  waktu pada 22 Mei kemarin itu harus selesai tindaklanjut semester I. Namun, kami mampu menyelesaikan itu,” katanya.

Tauhid mengaku, penilaian percepatan oleh  BPK dilihat.  dari, sejauh mana Pemkot mampu menindakkanjuti sejumlah temuan. “Ini sudah bisa, karena bagian dari pemeriksaan BPK tahun ini,” ungkapnya.

Sementara  Bupati Halbar James Uang, mengaku progres tindaklanjut Pemkab Halbar sudah mencapai 50 persen. “Jadi dalam minggu ini kita akan bergerak mencapai target di atas 70 persen, sesuai permintaan BPK,” pungkas James.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here