Target Ruas Jalan Ibu-Kedi Tuntas Agustus

0
112
DAUD Ismail, Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Provinsi Malut.

HARIANHALMAHERA.COM–Komisi III DPRD Provinsi bersama Inspektorat mendesak Dinas PUPR agar mempercepat proses pencairan tahap III proyek pekerjaan ruas jalan Ibu menuju Kedi, Loloda, di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Ini disampaikan ketua komisi III Rosihan Djafar usai meninjau langsung progres pekerjaan salah satu proyek multiyears (MY) yang bersumber dari pinjaman PT SMI bersama inspekorat dan dinas PUPR di lokasi Sabtu (11/6).

Rosihan Djafar mengatakan, dari hasil pantauan di lapangan, proyek dengan pagu Rp 67.545.000.000 itu sudah mencapai 75 persen.

“Kita berharap Dinas PUPR agar memproses pencairan tahap berikutnya agar pekerjaan yang ada di lapangan bisa dapat diselesaikan dan kewajiban pemprov juga dapat dilaksanakan”,kataya

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Daud Ismail menjelaskan, proyek jalan dan jembatan ruas Ibu – Kedi proses pekerjaannya sampai ke tahap sirtu. Kalau dilihat bobot pekerjaan, yang paling berat menyerap pekerjaan pada proses galian tanah. “Sehingga dengan galian tanah sudah mencapai 7 kilometer itu progresnya sudah mencapai 75 persen,” katanya sembari mengaku pencairan anggaran sudah 50 persen.

Ruas ibu-Kedi dengan panjang 30 kilometer ini, didalamnya terdapat 3 buah jembatan. Dimana, satu jembatan pekerjanya sudah 100 persen, dua jembatan dengan bentangan 60 meter rangka baja juga dalam perjalanan menuju lokasi pekerjaan.

“Secara oprasional, akhir tahun ini jalan sudah bisa digunakan,” jelasnya. Meski sesuai persetujuan PT SMI kontrak perpanjang sampai November, namun ditargetkan selesai Agustus. “Tinggal mungkin satu bulan sisanya finishing sehingga benar- benar menjadi optasional” tukasnya.(lfa/pur)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here