Jokowi Datang, AGK Siapkan Proposal

0
92
Presiden RI, Joko Widodo saat berpidato pada sidang MPR (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–Seperti pada kunjungan kerja (kuker) sebelumya, kuker Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Maluku Utara (Malut) pekan ini tidak akan disia-siakan Pemprov Malut. Sejumlah proposal permintaan anggaran pembangunan infrastruktur pun disiapkan menyambut kedatangan Kepala Negara yang dijadwalkan akan tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate, Selasa (27/9) besok.

GUBERNUR Abdul Ghani Kasuba (AGK) pun mengataan akan memanfaatkan kedatangan Persiden dengan menyampaikan proposal kebutuhan anggarab pembangunan infrastruktur di Malut. “Itu  (proposal) lagi  disiapkan , insya allah,” singkat AGK usai mengikuti rapat persiapan kedatangan Presiden dengan Pangdam Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa di Royal Resto Kafe, Ternate (25/9).

Senada juga disampaikan Kepala Dinas PUPR Malut Saifuddin Djuba. Dia menuturkan, selain anggaran pembangunan infrastruktur, Pemprov juga akan melobi ke Presiden anggaran Instruksi Presiden (Inpres) nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PKE)  serta Dana Alokasi Khusus (DAK). “Mudah – mudahan dapat cepat di respon oleh pemerintah pusat”, ungkap Saifuddin

Untuk program penanganan kemiskinan ekstrem melalui Inpres nomor 4 Tahun 2022, dalam mendukung program tersebut, Kementerian PUPR melakukan evaluasi, pengkajian, dan penyempurnaan kebijakan, program, dan anggaran bidang PUPR, menyiapkan ketersediaan air bersih, sanitasi, dan penataan lingkungan, memberikan bantuan perbaikan rumah dan/atau pembangunan rumah baru serta relokasi permukiman bagi keluarga miskin ekstrem

Sementara untuk anggaran DAK sendiri, dia mengatakan Pemprov Malut memang setiap tahun mendapat alokasi DAK, namun hasil evaluasi nominalnya terkadang berubah.

Untuk tahun 2023, jatah alokasi DAK memang belum diketahui, mengingat RAPBN 2023 masih dusun. “DAK yang kita usulkan sebesar  Rp 271 miliar,” tukasnya.

Sementara itu, Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa yang memimpin rapat berharap kuker Presiden dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar dengan memaksimalkan keterlibatan unsur di wilayah, baik TNI- Polri, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat.

“Kami yakin masyarakat Maluku Utara akan begitu antusias menyambut kedatangan Presiden sama seperti ketika kunjungan di Saumlaki dan Tual kemarin,” kata Pangdam.

Dia pun mengajak segenap masyarakat Malut untuk menyambut kedatangan Presiden dengan penuh suka cita. “Hindari hal-hal yang bisa berdampak negatif,” ajak Pangdam.

Danrem 152/Baabullah, Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito menambahkan,  ada empat daerah yang akan dikunjungi Presiden dan rombongan yakni Kota Ternate, Sofifi, Halmahera Timur (Haltim) dan Halmahera Barat (Halbar). “Untuk agendanya itu kewenangan di Protokol  Kepresidenan. Kita hanya sifatnya mengakamodir kedatangan dan fasilitas di bandara  pengamanan dan sebagainya,” ucapnya.

Selain tim advance kepresidenan, saat ini mobil presiden RI 1 juga sudah tiba  dan berada di Makorem. “Untuk pengamanan sesuai SOP dan menyesuaikan dengan agenda  yang menjadi kewenangan protokoler,” katanya.

Sementara itu, dari rundwon kuker Jokowi ke Malut yang beredar di whatsapp, ada tiga daerah yang dikunjungi Jokowi yakni Kota Ternate, Halbar dan Haltim.

Setelah tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate pada pukul 21.00, Presiden akan bermalam di Sahid Bela Hotel. Sementara agenda pada Rabu (28/9), Presiden akan membagikan BLT (Bantuan Langsung Tunai)  di dua lokasi yakn di BLK, dan di Pasar Higienis Bahari Berkesan.

Pukul 08.30, Presiden akan bertolak ke Halmahera Barat (Halbar) dengan menggunakan helikopter super pula. Di Halbar, Jokowi akan memantau penyaluran BLT di Kantor Pos Jailolo, membangikan BLT di pasat Jailolo. Pukul 10.00, Presiden bertolak ke Haltim.

di Haltim, Jokowi akan memantau penyaluran BLT di Kantor Pos Buli, dilanjutkan makan siang. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian BLT di Pasar Buli serta peninjauan Smelter PT ANTAM.

Pukul 15.00, Presiden bertolak ke Ternate dan pukul 16.00 Jokowi dan rombongan kembali ke Jakarta.

Kabar Humas dan Protokoler Pemkab Haltim, Yusuf Thalibsaar mengatakan, Presiden akan melihat secara dekat pembangunan smelter milik PT Antam yang merupakan proyek strategis nasional (PSN)

“Sesuai agenda, Presiden ke Malut Selasa (27/9) dan ini masuk dalam agenda kunjungan ke Kepuluan Maluku untuk melihat PSN smelter PT Antam di wulayah tersebut,” tukasnya seperti dikutip dari antara. (lfa/par/ant/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here