Kanwil DJPb Malut Minta Instansi Tularkan ‘Virus’ WBBM

0
527
Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara gelar acara pencanangan kembali zona integritas di lingkungan DJPb Malut

HARIANHALMAHERA.COM– Seluruh Unit Instansi DJPb di Maluku Utara telah memperoleh predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Bahkan sudah 100%, sehingga itu diminta untuk tularkan virus kebaikan ini ke seluruh instansi di Malut.

Hal itu sampaikan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara, Adnan Wimbyarto, dalam acara pencanangan kembali zona integritas di lingkungan DJPb Provinsi Maluku Utara, selasa (7/2).

“Tahun 2019 Kanwil DJPb Malut telah meraih predikat WBK dan pada tahun 2021 berhasil meraih predikat WBBM. Sebelumnya KPPN Ternate telah terlebih dahulu memperoleh predikat WBBM dan KPPN Tobelo di tahun 2022 juga berhasil mendapatkan predikat tersebut. Raihan predikat jadikan batu pijakan untuk membangun Zona Integritas yang berkelanjutan,”katanya.

Pelaksanaan ZI menurutnya, merupakan miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi pada unit kerja/satuan kerja, dan unit yang mendapat predikat menuju Wilayah Bebas dari Korapsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dapat menjadi percontohan bagi unit kerja/satuan kerja lain tentang menerapkan tata kelola yang baik serta memberikan pelayanan publik yang prima dan berintegritas.

“Presiden memprioritaskan reformasi birokrasi sejak 2010, sasarannya mewujudkan pemerintahan yang sederhana, simple, lincah, dan cepat. Pelayanan harus dipangkas, terutama yang lambat, berbelit-belit dan terdapat pungli. Untuk itu komitmen DJPb diwujudkan dalam pencanangan zona integritas, dan Alhamdulilah kita berhasil meraihnya. Namun, yang lebih berat ialah mempertahankannya,”ungkapnya.

Melalui inovasi program island of integrity yang dimiliki Kanwil DJPb Malut lanjutnya, Kanwil DJPb Malut terus berupaya mempengaruhi sistem organsasi yang lebih luas, dimana tahun 2022 telah dilakukan sharing pembangunan zona integritas di Kanwil Kemenkumham Provinsi Malut dan tahun 2023 ini di Kantor Palayanan Pajak Pratama Ternate, tentunya harapannya mampu menghasilkan lebih banyak unit organisasi yang memiliki ZI Malut.

“Jangan hanya berhenti sampai disini, jangan setelah mendapatkan predikat, lupa menjaganya, karena predikat bukanlah tujuan akhir. Jangan pula berhenti di kita. Tularkan ke seluruh unit di Maluku Utara, hingga kelak seluruh pemerintahan di Malut terbangun zona integritasnya dan meraih predikat WBBM,”ujarnya.(par)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here