Segera Benahi Manajemen Pelayaran di Sula dan Taliabu

Buntut Maraknya Kecelakaan Kapal

0
427
Safi Pauwah (Foto : Taliabu News Online)

HARIANHALMAHERA.COM–Rentetan kecelakaan yang menimpa kapal penumpang rute Ternate-Sula dan Taliabu belakangan ini mendapat sorotan dari legislator Malut dapil Sula dan Taliabu, Safi Pauwah.

Dia mendesak Dinas Perhubungan (Dishub) Malut untuk turun melakukan pemeriksaan kepada seluruh transportasi laut rute Ternate-Sula dan Taliabu.

Mantan Wakil Bupati (Wabup) Sula ini mengatakan kecelakaan yang dialami KM Karya Indah dan KM Simba 1 belum lama ini, harus menjadi langkah awal Pemprov untuk melakukan pembehaahan, agar insiden serupa tidak terulang lagi.

”Dua peristiwa di laut Sula ini perlu jadi perhatian serius Pemerintah Provinsi dalam mengatur transportasi laut di Malut, sebelum masyarakat yang jadi korban,”desaknya.

Menurut dia, dua peristiwa kecelakaan kapal ini berkaitan dengan kelayakan kapal. Bahkan, dalam insiden terbakarnya Km Karya Indah, 29 Mei lalu, instansi yang punya otoritas justeru saling lempar terkait dengan izin trayek pelayaran,

”Saya minta pada Dinas Perhubungan Malut agar memperketat Izin operasi kapal, kalau memang Transportasi lintas provinsi, izinnya ada di Kementerian, maka Pemerintah Daerah harus mengecek kondisi kapal untuk memastikan kapal itu layak atau tidak,jangan setelah ada kejadian baru saling tuding-menuding,”kesalnya

Bukan hanya kelayakan kapal, manajemen pelayaran rute Ternate-Sula juga harus dievaluasi. Ini menyusul ditemukannya jumlah penumpang di atas kapal yang tidak tercover di manifest.

”Ada kelalaian petugas terhadap penumpang kapal, bukitnya dalam dua peristiwa ini, jumlah penumpang kebanyakan tidak tercatat dalam manifes, sehingga potensi kelebihan kapasitas bisa terjadi,”katanya

Dia mendesak Gubernur agar ambil langka tegas. ”Jangan hanya iizn dikeluarkan begitu saja namun tidak diketahui kondisi kapal sebenarnya, maka Gubernur Malut harus tegas, bila perlu berkoordinasi dengan pihak kementerian Perhubungan,”harapnya.(lfa/pur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here