Alien Mus Bisa Aklamasi

0
1392
Alien Mus bersama pengurus DPD II Golkar dalam jumpa pers di kantor DPD Golkar Malut. FOTO ELFA/HARIANHALMAHERA

HARIANHALMAHERA.COM – Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Malut memang baru akan digelar 16 dan 17 Maret mendatang. Namun, begitu kursi ketua umum beringin Malut sudah bisa diprediksi akan kembali diduduki sang petahana, Alien Mus.

Pasalnya, peluang sang penantang Edi Langkara (Elang) untuk maju sebagai bursa calon ketum terhalang pada syarat dukungan 30 persen. Sebab, dari 12 surat dukungan yang masuk ke panitia pengarah Musda, semuanya memberikan dukungan kepada Alien.

Itu artinya Alien bisa terpilih secara aklamasi memimpin beringin Malut lima tahun mendatang. Meski masih tersisa 4 suara dukungan, namun hal itu tidaklah mencukupi bagi Elang untuk maju sebagai bursa calon ketum.

Baca Juga: Musda Golkar Malut Ditunda

Ketua pengarah Musda Muhamad Abusama menjelaskan syarat dukungan sesuai juklak yakni 16 suara rinciannya 10 suara dari DPD II, satu suara dari DPD I, satu suara dari ketua dewan pertimbangan, satu suara organisasi sayap dan satu suara dari DPP.

Hingga kini, baru 12 surat dukungan yang diterima panitia pengarah dan semuanya tanda tangan cap diatas materi. 12 surat itu tidak ada satupun untuk Elang. Bahkan, pemilik 12 suara dukungan pun ikut hadir dalam konferensi pers bersama Alien di kantor Golkar Malur kemarin. “Dari yang masuk itu dia mengarah ke satu saja namun sisanya masih ada yang fisik.”katanya.

Meski begitu ia menyampaikan, saat ini hanya surat dukungan saja yang masuk yang dilihat keputusan final nanti ada di pelno ke IV pelaksanaan Musda” kita akan ferivikasi akhir kita,jadi ini kan masih bakal calon mereka hanya menyampaikan saja surat dukungan jadi penetapannya itu dibawah ke pleano ke IV setelah peleno III pembentukan pimpinan Musda baru dilihat dari bakal calon ke calon” jelasnya.

Disentil soal surat dukungan dari DPD II Sula yang mengarahkan Elang selaku ketua dan Alien sebagai sekretaris apakah akan gugu, belum bisa memastikan. “Nanti kita akan mencari supaya bisa merujuk ke satu tetapi kalau tidak bisa nanti kita lihat hasil apakah kita batalkan atau menjadi hilang hak suaranya,” ungkap.

Sekretaris Golkar Malut Arifin Djafar mengatakan, 12 dukungan itu pemilik suara berada yang hadir  juga dalam konferensi pers di kantor DPD I partai Golkar tersebut.

Baca Juga:Fix, Musda Golkar Jadi Pertarungan Alien dan Elang

Sementara Elang optimis bisa lolos ke bursa pencalonan. Sebab, dia mengklaim telah mengantongi 9 suara dukungan, dimana 6 diantaranya  berasal dari DPD II. “Kalau ditambah DPP berarti 10,” terang Bupati Halmahera Tengah (Halteng) ini kemarin.

Wasekjen DPP itu mengatakan, syarat dukungan 30 persen untuk mencalonkan diri di bursa ketum baru akan disampaikan pada saat pembukaan Musda  “Itu syarat-syarat tahapannya diserahkan karena mekanisme penjaringan dan tata cara pemilihan baru diserahkan,” ujarnya.

Yang pasti, dia menegaskan sudah siap lahir batin maju dalam pemilihan ketum Golkar Malut. Berbeda dengan Elang. Anggota DPR RI itu juatseru sudah mendapat syarat dukungan dari 12. Ini sesuai dengan surat dukungan yang diterima pengarah Musda.  (lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here