Ubah Gaya Hidup Demi Masa Anak

0
517
Dian Sastrowardoyo (foto: Tribunnews.com)

HARIANHALMAHERA.COM– Selebritis tanah air yang memiliki kepedulian serius terhadap lingkungan, ternyata cukup banyak. Hanya saja, jarang terekspose sehingga tidak diketahui publik. Salah satunya Dian Sastrowardoyo.

Pemeran Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ini, ternyata memiliki perhatian khusus terhadap kelestarian lingkungan. Beberapa waktu lalu, ia rela turun ke jalanan untuk mengajak masyarakat mengurangi penggunaan kantong plastik.

Sebagaimana diberitakan fimela.com, perempuan 37 tahun itu secara tidak langsung, berkontribusi dalam pencemaran lingkungan yang disebabkan sampah plastik. Ini karena hobinya berwisata kuliner.

“Aku awam dan nggak terlalu aware awalnya. Dalam keseharian aku, aku malah berkontribusi dengan adanya sampah itu sendiri,” katanya.

“Aku kan orangnya kulineran banget ya, suka jajan, justru dengan kebiasaan jajan itu, setiap kita beli jajanan di luar kalau kita tidak bawa di rantang, mereka (penjual) akan menyediakan makanan itu di plastik, di sterofom. Jadi itu akan mengkontribusi untuk menambah plastik tadi,” sambung Dian di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (22/4).

Dia pun menyebut, pertemuan dengan salah satu aktivis lingkungan akhirnya membuka pikirannya untuk ikut dalam melakukan perubahan. Dimulai dari diri sendiri, mengurangi penggunaan plastik dalam kesehariannya.

“Aku senang banget aku diingetin Tiza dan diceritakan secara detail bagaimana sampah yang kita produksi setiap hari. Sekarang aku baru tau, sampah yang didaur ulang di dunia ini ya, cuma 1 persen. Sisanya 99 persen tidak sampai ke tempat pembuangan akhir,” paparnya.

Dian mengaku, kepeduliannya itu ingin memastikan jika nanti anak dan cucunya tidak keracunan sampah plastik yang dikonsumsi ikan yang mereka makan.

“Yang makan (sampah di laut) nanti kan binatang, kayak cumi-cumi, udang, ikan. Kan saya juga (makan olahan binatang laut). Kalau saya tidak mengubah cara hidup sekarang, saya tuh lagi meracuni anak cucu saya sendiri dengan makan sampah plastik yang sudah bermutasi dalam ikan-ikan atau bahan makanan lainnya,” pungkas Dian.(fmc/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here