Ertiga Hibryd, Mobil Elektrifikasi dengan Harga Kompetitif

0
125
SEJARAH BARU LMPV: Suzuki All New Ertiga Hybrid saat diperkenalkan pertama kali di Ternate pada Sabtu (25/6) di Atrium Jatiland Mall (foto istimewa)

HARIANHALMAHERA.COM–PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berusaha terus berusaha menjawab impian masyarakat serta pecinta otomotif untuk memiliki mobil hemat BBM, ramah lingkungan, mudah dalam perawatan serta harganya yang kompetitif.

Salah satunya dengan diluncurkannya All New Ertiga Hybrid, produk terbaru dari All New Ertiga. Mobil ini menjadi sejarah baru otomotif Indonesia. Berbekal teknologi pintar Suzuki Smart Hybrid, All New Ertiga Hybrid menjadi mobil elektrifikasi pertama di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang diproduksi di dalam negeri.

Setelah pertama kali diluncurkan di Jakarta, Jumat (10/6), PT SIS bekerja sama dengan PT Sejahtera Abadi Trada (SAT) resmi memperkanlkan All New Ertiga Hybrid di Kota Ternate Sabtu (25/6) akhir pekan kemarin. Hadir dalam peluncuran yang berlangsung di Atrium Mall Jati Land itu, Sukma Dewi (Asisten to Dept Head Sales 4W PT SIS), Rendy Anggadipura (Dealer Netrowk Development PT SIS), Ariadi (Dirut PT SAT) dan Mas Hendrawan (Kepala Cabang) PT SAT.

Ariadi (Dirut PT SAT) mengatakan, peluncuran di Ternate ini menjadi momen istimewa, mengingat All New Ertiga adalah LMPV favorit masyarakat Malut, sehigga kehadiran mobil ini sangat dinantikan. Selain dibekali teknologi elektrifikasi, All New Ertiga Hybrid juga memiliki fitur-fitur canggih di dalamnya. Meski begitu, mobil ini dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif.“Sehingga, kami yakin mobil ini akan diertima dan menjadi primadona dan kebanggan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Maluku Utara,” terang Ariadi.

Menurut Ariadi, All New Ertiga Hybrid merupakan pengembangan dari All New Ertiga, terutama dalam hal teknologi. Hadir dengan 17 perubahan, satu yang paling menonjol yakni teknologi Suzuki Smart Hybrid yang lebih ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional.

Berbeda dengan mobil elektrifikasi yang seluruh sumber tenaganya mengandalkan listrik, All New Ertiga Hybrid menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery. ISG sendiri berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery.

Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif), sehingga akan membuat konsumsi bahan Engine Auto Stop karena tidak terjadi proses pembakaran.”Seiring dengan kenaikan harga BBM, rasanya New Hybrid ini cukup memberikan jawaban konsumen untuk menghemat bensin bisa sampai 20 persen,” katanya.

Ariadi mengungkapkan, bedasarkan hasil ujicoba di jalur Surabaya-Malang, didapati, untuk satu liter bensin bisa menempuh jarak 22,5 km bahkan ada yang mencapai 32,5 km. Berbeda dengan All New Ertiga sebelumnya 1 liter BBM bisa menempuh jarak 16,73 kilometer.”Jadi oenghematan BBM tergantung penggunaan media (mobil) itu sendiri. Misalnya berapa penumpang di dalam mobil, kontur jalan serta penggunaan fasilitas sepeti AC dan sebagainya,” ucapnya.

Kacab PT SAT Mas Hendrawan menambahkan, selain penggunaan teknologi Suzuki Smart Hybrid, terdapat 11 perubahan All New Ertiga Hybrid lainnya terlihat dari bagian dalam dan luar mobil. Untuk interior, All New Ertiga Hybrid kini tampil dengan menggunakan New MID Design, New Interior Ambience Color, New Seat Material Color, dan New Interior Ornament.

Sedangkan untuk eksterior, terdapat penyegaran berupa New Front Grille Design, New Auto Retractable Outside Mirror, New Antenna Type, New Alloy Wheel Black Polish Design, New Backdoor Garnish Design, New ‘Hybrid’ Emblem yang ada di buritan mobil, serta pilihan warna baru yaitu New Mellow Deep Red Color dengan pilihan transmisi, manual 5-percepatan (MT) dan otomatis 4-percepatan (AT)

“Lima perubahan lainnya yang ada dalam All New Ertiga Hybrid yakni fitur-fitur baru yang canggih dan mendukung teknologi Suzuki Smart Hybrid. Fitur-fitur tersebut adalah New ESP (Electronic Stability Programme), New Hill Hold Control, New GSI, New Cruise Control, dan New Auto Light with Guide Me Light. Semua fitur tersebut semakin menambah kenyamanan mengendarai All New Ertiga Hybrid,” katanya.

Dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur terkini, All New Ertiga Hybrid diyakini akan menjadi pelopor mobil elektrifikasi yang terjangkau masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan saat ini, terutama bagi yang tinggal di kota-kota besar.”Dengan teknologi baru yang disematkan di All New Ertiga Hybrid, kami yakin fitur-fitur ini sangat sesuai dengan kebutuhan market,” Ujar Asisten to Dept Head Sales 4W PT SIS, Dewi Sukma.

Menurutnya, kehadiran mobil ini merupakan sebuah komitmen Suzuki dalam menggabungkan kemajuan teknologi dan kebutuhan nyata masyarakat Indonesia #UntukHariyangLebihBaik.”Kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan terus meningkat. Tapi di sisi lain, mobil-mobil elektrifikasi yang ada saat ini harganya di atas daya beli mayoritas. Maka, dengan studi yang komprehensif dan mendalam, kami membuat inovasi dengan menggabungkan tren teknologi dan kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia,” tukasnya seraya menyebut pasca diluncurkan 10 Juni lalu, total sudah 1000 unit lebih new Hibryd masuk dalam daftar permintaan konsumen. (pn/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here