Pemkot Jamin Stok Barito Aman Jelang Nataru

0
195
ILUSTRASI : Tampak salah satu kios di Pasar Rawajaya, Tobelo.(foto: Muhrid/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Meski kondisi cuaca esktrem tengah berlangsung, namun Dinas Pertanian (Distan) Kota Ternate meminta warga tidak perlu khawatir terkait dengan stok rempah-rempah seperti bawang, rica dan tomat (Barito) di Kota Ternate.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Ternate Thamin Marsaoly menjamin ketersediaan Barito di Ternate cukup jelang Hari Raya Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

Sebab, saat ini kelompok tani (poktan) binaan Distan Ternate terus memproduksi hasil-hasil pertanian, baik barito maupun sayur mayur. “Saya rasa untuk kebutuhan barito dan sayur mayur cukup untuk satu dua bulan kedepan, karena petani kita terus memproduksi hasil-hasil pertanian,”  terang Thamrin, Rabu (1/12)..

Poktan binaan Distan bahkan telah mempersiapkan kebutuhan warga saat Ramadhan tahun depan. “Kita juga sudah mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan barito saat Ramadhan, karena jelang Ramadhan itu, kebutuhan masyarakat sangat tinggi,” jelasnya.

Hingga saat ini, hasil-hasil pertanian dari petani di Ternate cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Mungkin bawang yang masih dikirim dari Makassar, Surabaya atau Manado, begitu juga kol, kentang dan wortel,” ungkap Thamrin.

Meski demikian, ada upaya antisipasi yang dilakukan Pemkot Ternate melalui instansi telhnis. “Perindag juga telah menyiapkan skema untuk mengantisipasi kekurangan stok bawang,”tambahnya.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here