Ritual Rateb Kesultanan Ternate; Doakan Masyarakat Indonesia Terhindar Covid-19

0
2907
KHUSYUK: Ritual Rateb yang digelar Kesultanan Ternate untuk mendoakan seluruh masyarakat Indonesia terhindar virus Covid-19.(foto: ist/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Terus meningkatnya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, mengundang keprihatinan banyak pihak. Salah satunya Kesultanan Ternate. Lewat ritual Rateb, Kesultanan Ternate mendoakan Indonesia terhindar dari virus yang sudah merenggut ribuan nyawa itu.

“Ritual Rateb ini rutin digelar setiap bulan pada Kamis malam. Pada ritual tadi malam, kami turut mendoakan semoga masyarakat Moloku Kie Raha dan Masyarakat Indonesia pada umumnya terhindar dari segala musibah dan dijauhkan dari virus tersebut,” kata Kapita Lau Kesultanan Ternate, Ayhar Do Basir, Jumat (20/3).

Menurut Ayhar, adanya musibah merupakan wujud sang Maha Kuasa menguji umat manusia. Dia pun berpesan kepada seluruh masyarakat, agar jangan terlalu  panik terkait virus tersebut.

“Ikuti dan patuhi apa yang diimbau pemerintah pusat dan daerah. Selalu hidup bersih. Termasuk batasi aktivitas dengan berdiam diri di rumah sebagai cara untuk menghindari agar wabah Covid-19 tidak menyebar,” pesannya.

Senada disampaikan  Jo Hukum Sangaji Kesultanan Ternate, Muhlis Abdullah. Atas nama kesultanan Ternate, dia mengimbau kepada seluruh para Imam di masjid agar selalu berzikir kepada Allah SWT untuk dihindari dari segala musibah, terutama sekarang dengan adanya wabah yang disebut Covid 19.

“Mari sama-sama kita berdoa, sehingga masyarakat selalu terhindar segala macam musibah,” pinta Muhlis.

Sekadar diketahui, ritual Rateb ini dilakukan para Bobato Akhirat dari Sigi Lamo dan Sigi Heku Kesultanan Ternate. Selain Kapita Lau dan Jo Hukum Sangaji tampak hadir, Fanyira Soa Ngare Bandung, Sangaji Tamajiko Hi. Yadi S. Rahman, Sahbandar Janwar Albugis serta Fanyira Togolobe Kasman Buya.(aji/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here