228 Warga Tikep Bakal Dapat Tanah Dari Pempus

0
51
Sosialisasi TORA di Kota Tikep

HARIANHALMAHERA.COM– Kabar gembira bagi masyarakat Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Pasalnya, Pemerintah Pusat akan memberikan tanah negara 2000 hektar (ha) secara bertahap. Pemberian tanah tersebut ternyata tidak terlepas dari dari perjuangan anggota DPR RI Dapil Maluku Utara dari Partai Golkar, Alien Mus.

Rencana pemberian tanah tersebut terungkap dalam sosialisasi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) yang digelar di Penginapan Visal, Kelurahan Gamtufkange, Kecamatan Tidore, Kota Tikep, Malut, kamis (10/11) kemarin.

Kegiatan itu selain dihadiri oleh pejabat Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Tenaga ahli pusat dan daerah, Walikota Tikep, Dinas terkait baik Tikep maupun Malut, Camat se-Kota Tikep, 14 Keluarahan serta perwakilan 12 orang penerima masing-masing 4 orang warga Desa Ampera dan 8 orang warga Desa Payahe, juga ikut disaksikan Alien Mus secara daring disela-sela kesibukan kunjungan kerjanya di luar negeri, yakni Negara Mesir.

Ketua DPD Partai Golkar Malut ini turut menyempatkan waktu untuk memberikan arahan dalam sosialisasi TORA melalui zoom meeting. Alien, pun menyampaikan bahwa ada sekitar 2000 Hektar tanah agraria yang akan diberikan negara pada masyarakat Kota Tikep.

“Tapi untuk sementara yang mengusulkan baru 228 orang dengan luas sekitar 255,94 hektar, yakni 114 orang di Desa Payahe, 110 orang Desa Ampera dan 4 orang dari Kota Tidore Kepulauan,”katanya.

Sisanya sekitar 1700 hektar lanjut Alien, akan diusulkan di tahun 2023 menyusul KLHK RI masih akan membuka akses untuk masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang belum dapat.

“Semoga dengan sosialisasi TORA ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang hadir, dan terpenting tanah yang ditargetkan Pemerintah Pusat Melalui KLHK segera direalisasi dalam waktu singkat,”tuturnya.(pn/rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here