Pramuka Sangat Membantu di Masa Pandemi

0
636
Suasana Upacara HUT Pramuka ke-59 yang dilaksanakan Pemkot Ternate di halaman kantor Wali Kota

HARIANHALMAHERA.COM–Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman menilai peran pramuka di masa-masa pandemi cukup besar. Parmuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangan wabah non bencana alam ini.

Dimulai dari hal-hal kecil di kalangan anggota pramuka sendiri, seperti menerapkan protokol kesehatan hingga terlibat dalam pembuatan masker dan hand sanitizer, baik untuk digunakan sendiri maupun dibagikan kepada masyarakat.

“Sampai aktif dalam gerakan melakukan penyemprotan desinfektan dan penyiapan makanan gratis maupun kegiatan lainnya yang dibutuhkan dalam membantu menanggulangi wabah covid-19,” terang Burhan saat membaca sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso.di upacara HUT Pramuke ke-59 yang dipusatkan di halaman kantor Wali Kota Ternate kemarin.

Sesuai dengan tema yang diusung yakni, “peran gerakan pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana covid-19 dan bela negara”, menurut Burhan tema itu sebagai wujud dari semangat pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana covid-19 yang sampai saat ini  masih menjadi masalah besar di seluruh dunia.

Saat ini, gerakan pramuka bukan hanya sekedar organisasi pendidikan yang focus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, namu juga sudah merambah ke misi sosial dengan aktif melaksanakan berbagai kegiatan sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat.

“Ini sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka, berupa dwi satya dan tri satya serta dwi darma maupun dasa darma pramuka, yang bagian utamanya adalah untuk menekankan kepada para pramuka agar dapat menolong sesame hidup dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat,” ungkapnya.

Upacara yang berlangsung sederhana dengan menerapkan protap kesehatan ini juga dihadiri Wakil Wali Abdullah Tahir, Forkopimda dan Sekkot Jusuf Sunya serta pengurus Kwarcab Kota Ternate.(pn/tr3/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here