IWIP Salurkan Bantuan Sarprona Untuk Dua Desa di Haltim

0
228
Penyerahan bantuan alat-alat tangkap oleh PT IWIP pada warga nelayan dua Desa di Haltim
HARIANHALMAHERA.COM–  Manejemen PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) terus memberikan perhatian terhadap masyarakat dilingkar industri terutama dalam pengembangan dan pemberdayaan di berbagai sektor ekonomi.
Kali ini pihak perusahan telah salurkan bantuan sarana produksi nelayan (Sarprona) untuk warga nelayan dua Desa pesisir di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), yakni Desa Ekor dan Nusa Jaya Kecamatan Wasile Selatan.
Nelayan dua Desa di Haltim saat diberikan bantuan sekaligus pelatihan tentang keselamatan laut
Bantuan berupa 20 unit perahu dilengkapi mesin, jangkar, tali, pelampung hingga sejumlah alat-alat tangkap ikan sebagai bentuk penunjang aktivitas nelayan dua Desa tersebut merupakan program pemberdayaan yang digagas oleh PT IWIP. Tak hanya bantuan saran produk,  PT IWIP juga memberikan pelatihan tentang keselamatan di laut terhadap para nelayan setempat.
Rusdi Kulaba, salah satu nelayan penerima bantuan, mengaku senang dengan dukungan yang diberikan PT IWIP. Menurutnya, dukungan seperti inilah yang paling dibutuhkan masyarakat.
“Saya tentu sangat berterima kasih kepada PT IWIP yang sudah memberikan bantuan alat tangkap perikanan. Ini dukungan yang kami butuhkan. Semoga ke depannya dukungan-dukungan seperti ini terus berlanjut,”tuturnya.
Penyerahan bantuan yang dilaksanakan di Desa Ekor, pada 13 Mei 2022 itu dihadiri langsung oleh Bupati Haltim, Ubaid Yakub. Selain itu juga hadir pula para tokoh masyarakat kedua desa.
Dalam sambutannya, Bupati berpesan kepada masyarakat, bahwa pembangunan maksimal membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk perusahaan seperti PT IWIP. Tentunya bantuan ini lanjutnya merupakan langkah baik dalam membantu pemerintah mengatasi kemiskinan
Bantuan perahu dilengkapi mesin dari PT IWIP untuk nelayan dua Desa di Haltim
“Karena butuh perjuangan, maka kita butuh dukungan, termasuk kehadiran IWIP. Sepanjang ada yang berinvestasi kenapa torang tolak?” katanya.
Bupati Haltim pun mengajak masyarakat untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dengan semua pihak, jika ada hal-hal yang keliru bisa diselesaikan secara baik. Sebab, kata dia, pembangunan akan berjalan dengan baik jika ada stabilitas.
“Terima kasih PT IWIP atas segala bantuan dan dukungan, mudah-mudahan apa yang diberikan ini, bisa memberikan nilai tambah untuk kita semua, dimana program ini salah satu fokus IWIP dalam rangkaian program pengembangan sumber daya manusia. Artinya IWIP berkerinduan agar kehadiran industri, dapat dinikmati semua lapisan masyarakat,”ujarnya.
Superintendent Eksternal PT IWIP, I Gede Pandu Wirawan menuturkan, program ini lahir dari diskusi antara perusahaan dengan para Kepala Desa (Kades) lingkar industri sehingga tak heran dianggap tepat sasaran di tengah masyarakat. Menurutnya, jika sebuah program hanya berasal dari perusahaan bisa jadi program tersebut tidak dibutuhkan atau kurang pas.
“Makanya itu dalam setiap program yang akan kita jalankan ke depannya, itu semua kita harapkan berasal dari ide masyarakat yang paling membutuhkan,”ungkapnya.
Lebih lanjut Pandu mengatakan, pihaknya rutin berdiskusi dengan bupati, guna memberkan dukungan yang tepat.
“Pak Bupati pernah berpesan bahwa, program yang berhasil adalah yang berkelanjutan, tidak hanya sampai di penyerahan saja. Jadi ke depannya akan ada lagi pelatihan-pelatihan. “Kita berharap program ini bisa berjalan dengan baik, bermanfaat dan bisa mensejahterakan masyarakat,”pungkasnya. (tr-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here