KPU Mantapkan Persiapan Pilkada

0
47
RAKOR: Foto bersama komisioner KPU dengan peserta rapat koordinasi mempersiapkan Pilkada serentak 2020. (foto: KPU/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Menghadapi proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Halmahera Utara (Halut) 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut terus memantapkan segala persiapan.

Salah satu langkah yang dilakukan melalui rapat koordinasi (rakor) bersama pemerintah daerah, TNI-Polri, Kejaksaan, Bawaslu, dan partai politik sebagai peserta Pilkada.

Rakor yang digelar di Hotel Greenland, Desa Gura, Kecamatan Tobelo itu, membahas berbagai hal yang dianggap penting, termasuk kendala yang sering dialami saat Pilkada. Salah satunya, berkaitan dengan daftar pemilih.

“Rakor ini merupakan langkah untuk mempersiapkan data pemilih dalam partisipasi di Pilkada mendatang,” kata Ketua KPU Halut Muhammad Rizal.

Selain itu, lanjut Rizal, KPU akan terus berbenah untuk lebih memoderatkan data pemilih. “Dalam penyiapan data tersebut dan teknis lainnya, maka perlu kerjasama dengan instansi terkait, terutama Dinas Kependudukan dan Catata Sipil,” ujarnya.

Hasil rakor ini, menurutnya akan menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi KPU Halut untuk pembenahan dalam rangka menciptakan pemilu yang demokratis, jujur dan adil. “Prinsipnya kami KPU Halut berkeinginan agar pemilu di Halut berjalan aman, damai, jujur dan adil,” tandasnya.

Dalam rakor tersebut, turut hadir Asisten I Bupati Halut E. J. Papilaya, Kabag Ops. Polres Halut Kompol. J. Metariang, perwakilan Kodim 1508/Tobelo, Kejaksaan, Bawaslu, SKPD terkait, dan perwakilan parpol.(pn/dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here