Haji Robert Bantu Sembuhkan ODGJ Asal Tikep, Kerahkan Tim HRP Jemput Pasien Berobat ke RSJ Sofifi

0
100
Tim HRP Kota Ternate saat hendak melakukan penjamputan dan penanganan terhadap pasien ODGJ asal Tikep

HARIANHALMAHERA.COM– Tidak hanya orang normal dan disabilitas yang tidak mampu di lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) telah diringankan beban hidupnya oleh Haji Robert Nitiyudo Wachjo. Namun, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pun tak luput dari perhatian dan kepedulian dari Haji Romo (Robert).

Hal itu dibuktikan dengan dilakukan penanganan oleh Tim Haji Robert Peduli (HRP) terhadap seorang pasien perempuan bernama Mei Idayani (41), asal Kelurahan Soadara/Goto, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan yang diagnosa menderita Skizofensia.

pasien saat bersama keluarga dan bersiap berobat ke RSJ Sofifi

Pasien ODGJ tersebut pada sabtu (13/8) sekitar pukul 11.10 WIT telah dijemput Tim HRP yang dipimpin langsung oleh Koorinator HRP, Axel Djodi Gondokusumo didampingi Ketua Tim HRP Kota Ternate, Munir Radjabessy bersama rekan-rekan Tim HRP, Yudi Harsts Sondo, Sarwan Hamid, Almadadi Dokumalamo dan Bambang Pelu, serta dibantu oleh konseling atau tim medis yaitu dr.Djohra Amelia dan dr.Evi Elvira di kediamannya dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sofifi, Kota Tidore Kepualaun, Provinsi Maluku Utara untuk mendapatkan penanganan medis dengan harapan kembali sembuh.

Ketua Tim HRP Kota Ternate, Munir Radjabessy, pun menuturkan bahwa Tim HRP Kota Ternate mendapat informasi dari warga dan keluarga pasien yang meminta bantuan untuk menolong pasien ODGJ lalu permintaan itu disampaikan langsung ke Haji Robert yang akhirnya direspon beliau sembari meminta dilakukan penanganan cepat.

“Jadi setelah kami Tim HRP dapat arahan langsung dari Ayahanda Haji (Haji Robert,red), kami pun mulai bersiap melakukan evakuasi pasien ODGJ tersebut, dimana perjalanan kami dimulai dari pelabuhan Speed Boat Bastiong, Ternate yang keberangkatannya pukul 10.30 WIT dini hari (Sabtu/13/8) dan tiba di pelabuhan Speed Boat Tidore pukul 10.50 WIT. Kami melanjutkan perjalanan untuk menuju ke tempat pasien, dengan menggunakan mobil akhirnya tiba pada pukul 11.10 WIT ditempat pasien,”katanya.

akhirnya prosesi penyerahan pasien ke pihak RSJ Sofifi oleh Tim HRP didampingi keluarga pasien

Saat dilakukan evakuasi menurut Munir, keluarga pasien juga ikut membantu sehingga prosesnya berjalan aman dan lancar sampai di RSJ Sofifi.

“Pasien tidak amuk, karena ikut didampingi oleh keluarga terdekatnya, dan selanjutnya tim HRP Ternate bersama pasien serta keluarga pasien melanjutkan perjalanan menuju Sofifi, dengan menggunakan jalur laut speed boat dan tiba di pelabuhan Speed Sofifi pukul 12.21 WIT,”ujarnya.

Setiba di RSJ Sofifi lanjutnya, Tim HRP Ternate telah melakukan prosesi penyerahan pasien pada pihak RSJ Sofifi dan berharap pasien mendapatkan perawatan secara intensif sesuai dengan kondisi pasien yang ada.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here