Luhut : Semua Intansi Berkantor di Sofifi

0
111
Luhut B. Pandjaitan (Foto : Niteni.id)

HARIANHALMAHERA.COM–PEMERINTAH pusat terus mendorong percepatan pembangunan di ibu kota Provinsi Maluku Utara (Malut) di Sofifi.

Salah satunya dengan meminta seluruh instansi vertikal yang saat ini berkantor di Kota Ternate, segera pindah ke Sofifi.

Permintaan ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat percepatan pemerintahan di kota sofifi yang digelar secara virtual kemarin.

Rapat yang turut dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Perhubungan (Menhub), Luhut mengatakan dengan keberadaan perkantoran dan perumahan tentunya mempertegas pelayanan publik, mendorong perekonomian wilayah, penyediaan lapangan pekerjaan dan SDM.

“Maka dari itu, Pemprov agar dapat menyiapkan lahan bagi pembangunan kantor instansi vertikal sehingga secara perlahan kota Sofifi menjadi lebih terang,” katanya

Luhut juga meminta Kementerian ATR/BPN dan Pemprov agar segera menyelesaikan RTRW Propinsi untuk mempertegas Sofifi yang akan datang.

Luhut menegaskan bahwa status Sofifi sebagai ibu kota tidak lagi diperdebatkan. “Itu sudah ada legal standing sesuai UU Nomor 46 tahun 1999 sehingga saat ini yg menjadi kewajiban pemerintah adalah mengisi pembangunan dan percepatan pemerintahan di kota Sofifi,” katanya.

Dalam rapat itu, kementerian PUPR juga diminta segera menyelesaikan berbagai proyek pemerintah bidang infrastruktur di Sofifi. Kemudian  Kementerian Perhubungan juga diminta segera untuk menyelesaikan tiga infraatruktur perhubungan yaknj  bandara Loleo, pelabuhan laut Sofifi dan pelabuhan penyeberangan.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan Bandara Loleo, pelabuhan penyeberangan dan pelabuhan laut sofifi tetap berjalan dan terutama menyelesaikan masalah pembebasan lahan di sofifi.

Turut hadir dalam zoom metting Gubernur  Abdul Gani Kasuba (AGK), para pejabat eselon Kementerian PUPR,  Kementerian ATR/BPN, Kapolda Malut, Danrem 152/Babullah Ternate, Kajati Malut, Pemkot Tikep, Kanwil BPN Malut, OPD terkait di Pemprov, Kepala Balai Jalan dan Jembatan Malut.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here