Nonton TV saat Hujan Deras Bisa Tersambar Petir?

0
668
ILUSTRASI sambaran petir saat musim penghujan disertai angin kencang. (foto: shutterstock)

HARIANHALMAHERA.COM–SAAT musim penghujan, selain banjir dan longsor, banyak warga yang mengkhawatirkan sambaran petir. Tidak sedikit catatan kematian akibat sambaran petir. Ada kepercayaan, menonton televisi saat hujan deras menjadi salah satu penyebab orang tersambar petir, benarkah?

Melansir Kompas.com, peneliti petir sekaligus Guru Besar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Dipl Ing Ir Reynaldo Zoro menjelaskan, menonton TV dengan antena dalam atau tv kabel sebetulnya tidak akan menjadi masalah, meskipun di luar sedang hujan petir sekalipun.

Lain halnya bila TV menggunakan antena yang dipasang di luar atau di atap rumah, antena tersebutlah yang sangat mudah disambar oleh petir.

“Antena ini (di luar rumah) yang mudah disambar petir, masuk melalui kabel TV. (Hal ini) dapat menyebabkan cedera jika TV-nya meledak,” ujarnya.

Prof Zoro juga menyinggung mengoeprasikan ponsel saat hujan disertai petir. Menurutnya menggunakan ponsel tidak ada hubungannya dengan disambar petir. “Pakai hape enggak ada hubungannya dengan petir, kecuali hape-nya ditaruh di atap rumah,” tuturnya.(kpc/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here