427 Orang di Ternate Terjangkit AIDS

0
1185
Ilustrasi kampanye tolak HIV/AIDS. (foto: beritagar.id)

HARIANHALMAHERA.COM–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate mengakui jumlah pengidap HIV/AIDS di Ternate masih cukup tinggi. Setiap tahun, jumlah warga yang terjangkit virus mematikan ini terus bertambah.

Pada Periode Januari hingga Oktober 2019, saja ditemukan 46 kasus HIV baru. Dengan jumlah ini, maka total penghidap AIDS di Ternate dari tahun 2007 hingga 2019 sebanyak 472 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ternate Dr Fathiyah Suma menyebutkan temuan 46 kasus baru ini didominasi kaum pria dengan jumlah 31 orang, sisanya 15 orang adalah berjenis kelamin wanita.

Untuk kategori usiai, parahnya lagi dari jumlah 46 kasus itu, satu diantaranya berusia dia ntara 5-14 tahun “Usia 15-19 sebanyak 3 orang, usia 20 sampai 24 sebanyak 11 orang, usia 25 sampai 49 sebanyak 28 orang, dan usia diatas 50 tahun sebanyak 13 orang,” tuturnya.

Untuk kasus HIV positif pada ibu hamil yang telah dilakukan PDP (perawatan dukungan dan
pengobatan) di RSUD Chasan Boesorie Ternate sebanyak 16 kasus dengan bayi yang telah
dilakukan pemeriksaan 6 orang dengan hasil positif 1 orang.

Untuk itu Dinkes Ternate telah melaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain Mobile VCT
(Konseling dan Tes HIV) di tempat-tempat yang merupakan Hot spot seperti salon/ spa, pantai pijat, penginapan/hotel, cafe, melakukan penjangkauan dan Pendampingan serta melakukan kunjungan rumah pada ODHA. “Melakukan penguatan system pencatatan dan pelaporan melalui aplikasi SIHA pada petugas layanan, melakukan monitoring dan evaluasi pada penyelenggara layanan secara berkala,” tutupnya.(lfa/pur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here