Ternate

Polres Batalkan Status ODGJ sebagai Tersangka

×

Polres Batalkan Status ODGJ sebagai Tersangka

Sebarkan artikel ini
Polres Ternate ( Foto : Istimewa)

HARIANHALMAHERA.COM–Polres Ternate akhirnya membatalkan status tersangka yang sempat ditetapkan kepada Abdul Rahman, ODGJ yang membawa kabur sebuah truk yang terparkir dan memicu kecelakaan di Kelurahan Akehuda,

Dicabunya status tersangka kepada ODJG asal Kudus, Jawa Tengah ini dibenarkan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Ternate, Burhanuddin. Bahkan, yang bersangkutan pun sudah dipulangkan ke kampung halamannya

“Pagi tadi sudah dilakukan proses pemulangkan ke kampung halamannya Kudus Jawa Tengah, melalui bandara dengan pesawat Batik Air,” ungkap, Burhanuddin, Selasa (25/1).

Setalah mengembalikan Abdul Rahman, selanjutnya Dinsos akan menelusuri¬† para ODGJ lainnya dengan mengandeng sejumlah instansi tehnis.¬† “Jadi harus publik tahu ODGJ-ODGJ yang ada saat di Kota Ternate itu bukan dimasukan dari luar, sehingga seperti ODGJ Abdul Rahman, asalnya Kudus, kemudian datang di Morotai untuk cari kerja, etah kenapa dia tiba-tiba datang ke Ternate. Karena di Morotai sudah tak ada kerja kemudian sampai Ternate bingung mau pulang ke jawa dengan cara apa, sehingga berhujung dengan ganguan jiwa,” ujarnya.

Dari amatan terakhir pihaknya ke sejumlah ODGJ yang ada berkeliaran dan dirumahkan saat ini capai 310 orang. Sehingga terlihat berkeliaran ini tak memiliki keluarga di Ternate, dan asalnya dari luar.

“Kami juga akan koordinasi dengan sejumlah Pemrintah Kelurahan, jika betul yang berkeliaran ini asalnya dari luar Ternate, namun betul berdomisili di Kelurahan yang ada, maka harus ditelusuri dan pendekatan-pendekatan, jika betul dari luar Ternate, maka harus dipulangkan lagi,”jelasnya.

“Daerah ini memang tak ada gedung yang bisa menampung ODGJ, sehingga kadang kita harus rujuk ke RSJ Sofifi jika kondisi tak memungkinkan, dan langka akhir dipulangkan ke daerah asal,”pungkasnya.(par/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *