Rame-Rame Ziarah Makam di Harlah Baabullah

0
365

HARIANHALMAHERA.COM–Setelah resmi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 10 November lalu, kemarin Sultan Baabullah Datuk Syah berulang tahun. Peringatan hari lahir sang sultan itu dilakukan lewat ziarah makamnya di Kelurahan Foramadiyahi Ternate.

Ziarah kubur ini bukan hanya dilakukan panitia harlah Babbullah, namun juga dari Keluarga Malamo Ternate (Karamat), bersama dengan perangkat Kesultanan Ternate termasuk Danrem 152/Baabullah beserta anggota Paramuka dari kwartir Baabullah

Ketua Panitia Zulkifli Tomahir mengatakan ada tiga kegiatan yang digelar memperingati Harlah Babullah, yakni dialog publik, ritual ziarah dan rateb.  “Kita berharao ini bisa dilaksanakan di setiap tahun pada 10 Februari menjadi agenda bersama pemerintah juga dengan masyarakat Ternate dan Malut,” pintanya.

Kasrem 152/Baabullah Kolonel Inf Wawan Subajo mengatakan, ziarah makam Baabullah ini sekaligus bertepatan dengan masuknya prajurit TNI-AD yang baru ke dalam satuan.

“Sehingga itu kita lakukan secara bersama saja, dengan harapan untuk ke satuan kami yang namanya juga Baabullah agar apa yang di alami Jo’ou Baabullah mudah-mudahan bisa turun ke perajurit kami yang baru ini,”ujarnya.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here