Tauhid Beber Prestasi Pemkot di HUT ke-23

0
91
Wali Kota Ternate saat memimpin Upacara HUT Pemkot ke-23 (Foto : Suparman/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Tanggal 27 April kemarin ternyata bukan hanya momen setahun Tauhid Soleman -Jasri Usman memimpin Kota Ternate. Namun, di hari itu juga bertepatan dengan HUT Pemkot ke-23 tahun.

Momen itu pun dimanfaatkan Tauhid memaparkan berbagai  keberhasilan dirinya bersama Jasri setahun menjabat pasca dilantik 27 April 2021.

Saat memimin upacara HUT Pemkot Tauhid mengatakan tahun 2021 merupakan tahun transisi kepemimpinan dari periode perencanaan 2016-2021, ke periode perencanaan 2021-2026.

Dimana pada tahun 2021, terdapat  implementasi dua  program prioritas, yaitu program pembinaan  ASN yang profesional dan program peningkatan kualitas pelayanan publik, dari 14 program prioritas yang terdapat dalam tahapan RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026.

“Pada usia ke 23 tahun adalah usia yang cukup matang. Semua pihak masih harus bekerja keras dan berinovasi, terutama dalam pelayanan publik harus lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Sejumlah prestasi yang berhasil diraih Pemkot di tahun 2021 diantaranya kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2021 oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Malut , dimana Pemkot memperoleh predikat kepatuhan Sedang dengan nilai 72,88 (Zona Kuning).

“Dengan nilai ini mengantarkan Pemkot Ternate menjadi peringkat ke-54 dari 98 pemerintah  kota seluruh Indonesia, dan mendapatkan penghargaan layanan terbaik standar pelayanan publik,” ucapnya.

Sementara di bidang Pelayanan Perizinan, Ternate memperoleh nilai 87. Ternate juga sambung Tauhid berhasil meraih prestasi dan penghargaan yang membanggakan, baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional, antara lain:

Laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja  Instansi Pemerintah tahun 2020 yang di terima pada awal 2021 dari KemenPAN RB. Kemudia menraih predikat “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas hasil laporan keuangan tahun 2020 yang diterima pada 21 Mei 2021. “Ini merupakan WTP yang ke 7 kalinya,” katanya.

Penghargaan terbaik 1 penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK semester II Tahun 2020 pada Anugerah Tata Kelola Keuangan Daerah, yang diterima pada tanggal 21 Mei 2021.

Pemkot juga menduduki peringkat I kategori penilaian kompetensi di bidang tata kelola Kepegawaian dari Kanreg Award dari BKN Kanreg XI, yang diterima pada 10 Juni 2021.

Prestasi di bidang perlindungan anak dalam penganugerahan capaian pemenuhan hak anak, Ternate sebagai Kota Layak Anak kategori Madya dengan perolehan nilai 650.

“Penghargaan Implementasi pengarustamaan Gender melalui Anugrah Parahita Ekapraya dengan nilai capaian 67% Kategori Pratama,” sebutnya.

Berbagai penghargaan yang diraih tersebut, tentunya disadari sejalan dengan dinamika kemajuan dan perkembangan pembangunan perkotaan yang semakin kompleks.

“Kita masih diperhadapkan dengan sejumlah tantangan dan permasalahan yang membutuhkan langkah-langkah solusi ke depan, antara lain  pemenuhan kebutuhan air bersih, pengelolaan persampahan, penyediaanakses transportasi, perbaikan sistem drainase, keseimbangan pembangunan antar kawasan, permasalahan infrastruktur perkotaan lainnya serta peningkatan PAD,” bebernya.

Untuk menjawab sejumlah tantangan dan permasalahan yang terjadi, Pemkot telah melakukan langkah dan solusi dengan memperbaiki infrastruktur perkotaan seperti drainase, air bersih, dan persampahan, juga mengoptimalkan potensi sektor-sektor strategis, seperti sektor jasa dan perdagangan, dengan membangun fasilitas sarana dan prasarana yang representatif seperti pasar, mall, dan perhotelan.

Pemerintah secara nasional juga berupaya mendorong penanganan kawasan kumuh di kawasan perkotaan, melalui upaya penanganan permukiman kumuh perkotaan, yang secara berkelanjutan dalam lingkup kawasan permukiman dan lingkungan kota dengan keterpaduan aspek infrastruktur, sosial, ekonomi dana speklainnya dengan kompleksitas tinggi sesuai dengan perencanaan daerah.

Selain itu, pemerintah kota ternate juga sudah meresmikan pasar Sonyinga Moi Mayau Batang Dua. “Ini adalah salah satu bentuk  perwujudan nyata fasilitas sarana prasarana yang representatif, sehingga dapat meningkatkan perekonomian Kota Ternate khususnya daerah BatangDua,” tutupnya.(par/pur)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here