Waspada, Kasus DBD Melonjak Drastis

0
68
ILUSTRASI nyamuk Aedes aegepty pembawa virus dengue penyebab DBD. (ilus: jawapos.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Musim penghujan yang terjadi sepanjang tahun ini, turut membuat jumlah kasus demam berdarah Dengue (DBD) di Ternate melonjak drastis.  Bila pada Januari lalu tercatat hanya 7 kasus, namun hingga Juni sudah betembah menjadi 78 kasus dengan pasien meninggal 1 orang.

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes), kasus DBD tertinggi terdapat di Puskemas Kalumata yakni 34 kasus. Sedangkan terendah di Puskemas Jambula dengan 2 kasus.

Kadis Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy mengatakan, peningkatan kasus DBD secara signifikan terjadi dalam tiga bulan yakni Maret, April, dan Mei. Sementara penderita DBD yang tercaver rata rata berumur 1 sampai 12 tahun.

Dia mengaku, tingginya kasus DBD ini disebabkan wilayah tersebut cukup padat.

Terkait pencegahan, tentunya dikembalikan ke masyarakat agar selalu menjaga kebersihan.  Selain itu, petugas puskemas juga setiap saat melakukan penyuluhan.

“Semua tentunya berpulang kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan. Jangan biarkan air tergenang dipinggir rumah, karena biasanya kaleng-kaleng yang berisikan air, jadi tempat sarang nyamuk jadi harus dibuang atau ditanam,” pungkasnya.(par)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here