Insentif RT/RT Dijanjikan Naik Tahun Depan

0
34
Penyerahan insentif RT/RW dan Kader Posyandu di Kecamatan Terluar

HARIANHALMAHERA.COM–Kabar gembira datang bagi para RT/RW dan kader Posyandu di Kota Ternate. Dimana, Pemkot memberikan sinyal akan menaikan dana intensif RT/RW dan Kader Posyando di tahun depan.

Kebaikan ini disampaikan langsuing Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly  saat menyerahkan secara simbolis dana insentif RT/RW dan Kader Posyandi di Kecamatan Terliar triwulan III, Jumat (21/10) kemarin

Rizal yang mewakili Wali Kota M Tauhid Soleman menyampaikan, jika APBD 2023 bisa longgar, maka insentif RT/RW dapat dinaikkan. “Ini akan menjadi komitmen Walikota Ternate agar adil dan merata yang dilakukan pemerintah,” katanya.

Penyerahan intensif dilakukan langsung Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly  didampingi Camat Pulau Ternate, Roy Nasir di pantai Bobane Ici, Kelurahan Dorpedu, .

Dia juga memastikan akan  menyanpaikan ke Walikota tentang rencana pembentukan forum RT/RW. Dengan begitu, kedepan, jika ada Musrembang maka tidak hanya kelurahan tapi yang melakukan justifikasi urgensi terhadap usulan, tapi kewenangannya ada di RT/RW.

“Jadi untuk kapasitas lurah hanya melakukan uji petik atau uji faktual terhadap apa yang disampaikan RT/RW dan bersifat legitimasi keabsahan usulan yang dirumuskan teman-teman RT/RW,” paparnya.

Februari tahun depan, Pemkot juga akan menggelar pelatihan tentang teknis perumusan perencanaan terpadu, terarah dan tepat sasaran. Sehingga, setiap pergantian kepala daerah, diharapkan adalah kualitas perencanaan

Formula ini harus diubah karena banyak usulan RT/RW tidak diakomodir dalam Musrembang Kelurahan. “Maka apa yang menjadi harapan, prioritas, kebutuhan dari RT/RW bisa dibawa sampai ke dalam APBD nanti. Ini yang akan kita lakukan ke depan,” tambahnya.

Rizal menambahkan, ada program Forum Ramu Ide Bersama (Foris) yang sudah dijalankan. “Dan ini pertama kali dilakukan di Kelurahan Rua Kecamatan Pulau Ternate,” pungkasnya.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here