Parkiran Pelabuhan Semut Mulai Difungsikan

0
683
UJI COBA: Sejumlah kendaraan milik penumpang dan pengantar tampak terpakir di areal parkiran pelabuhan semut Mangga Dua. (foto: elfa/harianhalmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Parkiran Pelabuhan Semut Mangga Dua Ternate, akhirnya dioperasikan Dinas Perhubungan (Dishub), kemarin. Tampak di lapangan, lokasi parkiran yang berada di sisi kanan itu juga sudah ditempatkan petugas dari Dishub.

Plt Kepala Dishub Ternate Faruk Albaar menuturkan, pasca pengoperasian dalam waktu dekat pihaknya juga akan segera memasang e-Portal.

“Untuk sementara masih manual. Kalau elektronik nanti secepatnya di pasang, baru kita lakukan peresmian,” katanya.

Menurut dia, langkah untuk mengaktifkan parkiran sisi selatan pelabuhan itu dalam rangka menggenjot pendapatan. Namun belum ditetapkan target karena masih dalam tahap uji coba.

“Kita uji coba selama satu bulan. Kita lihat berapa PAD yang masuk, baru ditetapkan targetnya,” terangnya.

Meski begitu, Pemkot sendiri sudah menetapkan besaran retribusi parkir. Untuk roda empat tarif parkir sebesar Rp 4.000, sementara untuk roda dua Rp 2.000.

“Kalau ada kendaraan yang diinapkan tinggal tarifnya ditambah, nanti petugas yang jaga,” ungkapnya.

Dengan beroperasinya lahan parkir ini, dia menegaskan tidak ada lagi kendaraan yang parkir di tepi jalan.

“Kita sudah pasang tanda larangan, jadi walaupun sekarang baru dua tanda larangan nanti akan kita tambah lagi,  cuman kesadaran pengguna jalan juga sudah bagus,” tandasnya.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here