Demokrat ke Yamin-ADA Nasdem Masih dengan TAUSIAH

0
460
ilsustrasi pilkada

HARIANHALMAHERA.COM–BAKAL pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Ternate, Yamin Taway-Abdullah Taher (Yamin-ADA) akhirnya menjadi Bapaslon ketiga yang memenuhi syarat pencalonan.

Ini setelah kemarin Patrtai Demokrat resmi mengubah rekomendasinya dari Bapaslon Abdullah Taher-Hasby Yusuf ke Yamin-ADA. Tambahan dukungan dari Demokrat ini membuat Yamin-Ada resmi didukung tiga parpol dengan total 8 kursi yakni, Perindo 1 kursi, PPP (3 kursi), dan PD 4 kursi.

“Kami sudah siap mendaftarkan diri di KPU, karena sudah memenuhi syarat setelah rekomendasi dari DPP Partai Demokrat, ” kata Yamin usai menerima rekom yang diserahkan langsung ketua umum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kantor DPP PD kemarin.

Berbeda dengan Demokrat, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) hingga kini belum punya sikap di Pilwakot Ternate. Padahal pembukaan pendaftaran pasangan calon tinggal hitungan pekan.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Malut, Ahmad Hatari meyakini Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem bisa menentukan sikap meski waktu pendaftaran tinggal menghitung hari.

Bahkan anggota DPR RI asal Malut ini mengaku, ada isyarat partai ini masih akan memberikan sinyal mendukung Bapaslon Tauhid Soleman dan Nursiah Abdul Haris (TAUSIAH) ketimbang Muhahmmad Hasan Bay-Asghar Saleh (MHB-GAS) meskipun Asghar merupakan kader Nasdem “Kami tetap mengusung Tauhid dan Nusiyah. Belum ada arahan rencana perubahan ke kandidat lain,” jelasnya.

Walau begitu, pemberian rekom dalam bentuk B,1-KWK ini baru akan diputuskan DPP melalaui rapat. Bahkan, Hatari berkeinginan berkoalisi dengan PKS meskipun hal itu belum mencukupi syarat pencalonan. “NasDem berkeinganin berkoalisi dengan PKS,” singkatnya.

Selain Nasdem, PKS yang kini masih mendukung Bapaslon Iswan Hasim-Nurlaila Armaiyn (Iswan-Ila) ternyata juga memasukan Merlisa Marasaoly-Juhdi Taslim (MAJU) sebagai bapaslon yang berpeluang mendapatkan rekom partai yang recannya akan dikeluarkan hari ini.

“Iya hari ini, PKS akan menentukan rekomdasi partai B1KWK untuk menyerahkan ke dua bakal calon yakni Merlisa atau Iswan,” ungkap ketua PKS Kota Ternate, Sudarno Taher, kemarin (25/8).

Anggota DPRD Kota Ternate ini menuturkan, sejak dibukanya proses penjaringan, ada tiga nama balon yang mendaftar di PKS yakni MTS, Iswan dan Merlisa. Namun, belakangan, Iswan yang terlebih dahulu menerima rekomdasi PKS, tengah membangun koalisi dengan PKB. “PKS masih pertahankan Iswan karena, Iswan sendiri telah melakukan poros baru yakni mengambii PKB sebagai wakil,” tandasnya.

Meski pun Iswan mampu berkoalisi dengan PKB, namun hal itu pun belum mencukupi syarat pencalonan. Berbeda dengan Merlisa yang sudah lolos.

Lalu, diantara Merlisa dan Iswan, siapakah yang akan mendapat rekom PKS? Sudarmo belum bisa memastikannya. “Saya tidak bisa mengklaim ada mekanisme yang dilalui, meskipun PKS di DPRD mikik satu kursi tapi sebagai penentu kemenangan Pilwako. Dan sebagai kader pasti mematuhi perintah partai,” ungkapnya. (tr3/lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here